Jambi (ANTARA Jambi) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi Ratna minta kepada seluruh pasangan calon wali kota/wakil wali kota Jambi yang bertarung dalam Pilkada untuk berkampanye secara cerdas.

"Para kandidat harus bisa memanfaatkan masa kampanye secara optimal dan menjadi kampanye sebagai media komunikasi dengan rakyat, namun harus cerdas," katanya di Jambi, Kamis.

Sebanyak empat pasangan calon wali kota/wakil wali kota Jambi saat ini mulai memasuki masa kampanye yang akan berlangsung hingga 25 Juni 2013, sementara Pilkada akan digelar pada 29 Juni 2013.

Keempat pasangan yang akan bertarung itu adalah Bambang Priyanto-Yeri Muthalib (Buyer), Sum Indra-Maulana (Simpatik), Efendi Hatta-Asnawi (Fendi-Nawi) dan Sy Fasya-Abdulah Sani.

Pada Selasa (11/6) keempat pasangan telah mengikuti kampanye damai yang digelar KPU Kota Jambi di Lapangan GOR Kotabaru, lalu pada Rabu (12/6), para kandidat menyampaikan visi dan misi di DPRD Kota Jambi.

Ratna Dewi mengatakan, selain berkampanye dengan cerdas, para kandididat wali kota/wakil wali kota juga dihimbau melaksanakan kampanye yang berkualitas terhadap massa pemilih.

"Hal ini penting, sebab pemilih akan mengawal misi dan visi yang telah disampaikan para kandidat, jika salah satunya memenangkan Pilkada," kataynya.

Para kandidat hendaknya menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan ke depan, diperkirakan dalam masa kampanye ini masyarakat akan terkota-kotak untuk mendukung salah satu calonnya.

Namun, sekalipun persaingan sangat ketat, Pilkada Kota Jambi harus berkualitas dan dapat membangun sikap dewasa, baik bagi pasangan calon maupun pendukungnya.

Kepada para kandidat, Ketua KPU Kota Jambi juga mengingatkan agar tetap mematuhi rambu-rambu kampanye yang telah ditetapkan, antara lain mempersoalkan dasar negara, mengangkat isu SARA atau kampanye yang bersifat menghasut.

Ratna meyakini keempat pasangan calon wali kota/wakil wali kota sudah cukup cerdas untuk melaksanakan kampanye damai dan sejuk serta bersaing secara sehat, tanpa meninggalkan kebersamaan untuk menjaga kondisi daerah yang aman.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013