Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Jambi, Usman Ermulan mengajak warga di daerahnya untuk memanfaatkan lahan tidur agar bisa menghasilkan tanaman produktif.

Untuk merealisasikan hal itu, Bupati mengimbau para camat agar mengajak seluruh warganya untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayahnya.

Selain untuk menghasilkan tanaman produktif, pemanfaatan lahan tidur ini juga bertujuan agar lahan tidur itu tidak menjadi sarang hama pengganggu tanaman masyarakat yang lain, kata Usman di Kuala Tungkal, ibukota Tanjung Jabung Barat, Rabu.

Para camat diminta untuk memanggil seluruh kades dan lurah di wilayah masing-masing guna membicarakan dan menginventarisir seluruh lahan tidur sekaligus menyarankan kepada pemiliknya untuk dibersihkan, jangan dibiarkan mubazir.

"Kalau soal air dan sebagainya kan cukup. Tapi kenapa lahan itu tidak dimanfaatkan. Makanya camat kita himbau. Camat jangan duduk-duduk saja. Panggil itu kepala desa, panggil itu lurah, ajak warga manfaatkan lahan tidur," katanya.

Untuk mengetahui seberapa luas lahan tidur yang ada, Usman menyarankan agar para camat meminta datanya kepada kades dan lurah.

"Selain itu, camat juga harus bisa berkerja sama dan saling berkoordinasi dengan petugas penyuluh lapangan (PPL) dalam pemanfaatan lahan tidur itu," ujar Bupati.

Ia menjelaskan, saat ini dengan kondisi yang ada, Tanjabar harus mampu melakukan penanaman padi tiga kali setahun.

"Kalau selama ini kita sudah melaksanakan 'gerakan tanam padi dua kali setahun' (Gertak Paduka), sekarang bisa ditingkatkan menjadi tiga kali setahun. Masyarakat sudah berkembang, keadan ini ditunjang dengan harga beras yang kian membaik," ujarnya.

Seruan atau himbauan pemanfaatan lahan tidur berdampak positif, selain mengurangi hama, tapi juga bisa meningkatkan perekonomian petani.

Untuk mendukung hal itu, kata Usman Ermulan, pemerintah siap memberikan bantuan berupa benih tanaman bagi pemilik lahan tidur, dengan catatan lahan itu harus dimanfaatkan. "Terserah pemilik, mau ditanam apa lahan itu. Kita siap bantu benih," kata Bupati(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013