Jambi (ANTARA Jambi) - Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Batanghari, Provinsi Jambi meraih predikat sebagai sekolah tersehat dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah tingkat nasional 2013.

Kepala SMAN 5 Batanghari, Maizardi di Jambi, Senin, mengatakan, pihaknya telah menerima penghargaan tersebut langsung dari Kementrian Kesehatan di Sentul, Jawa Barat, pada 19 September lalu.

"Kami berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah tersehat nasional dalam kategori pencapaian terbaik," katanya.
 
Menurut dia, pencapaian terbaik itu diberikan terkait upaya menjaga kesehatan sekolah, dan sekolahnya berhasil memperoleh nilai maksimal.

"Jadi dalam usaha menjaga kesehatan sekolah, SMAN 5 Batanghari mencapai nilai tertinggi. Kateori ini diberikan sebagai wujud apresiasi pemerintah terhadap upaya-upaya menjaga kesehatan lingkungan di sekolah," ujarnya.

Maizardi mengakui fasilitas kesehatan sekolah yang terbatas tidak menghalangi pihaknya melakukan upaya-upaya terbaik dalam meningkatkan kesadaran warga sekolah untuk berperilaku hidup sehat.

"Kita hanya kalah dalam soal fasilitas, seperti luas ruangan UKS yang hanya 2x4, serta jumlah WC yang pas-pasan. Tapi itu tidak membuat kami surut untuk melakukan yang terbaik bagi anak-anak di sekolah," katanya.

Raihan nilai tertinggi sebagai sekolah sehat itu tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Batanghar yang banyak mendukung dalam merealisasikan sekolah sehat ini.

Selain itu, raihan ini juga karena adanya dukungan Tanoto Foundation dan PT Indo Sawit Subur yang telah memberikan sejumlah bantuan, seperti kloset dan perlengkapan lainnnya. "Mereka menggunakan dana program pendidikan yayasan untuk membantu fasilitas WC sekolah, yakni kloset urenuel," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Batanghari akan memberikan apresiasi dengan merayakan prestasi itu langsung bersama dengan siswa-siswa di SMAN 5 pada 23 Oktober mendatang.

Berdasarkan rilis Kementrian Kesehatan pada 19 September lalu, disebutkan kompetisi tahunan ini diikuti oleh 75 sekolah TK hinga SMA, dari 20 provinsi di Indonesia.

Di tingkat SMP, SMP 1 Semaka Provinsi Lampung mendapat predikat sebagai SMP dengan kinerja terbaik. Sementara pencapaian terbaik diraih oleh SMPN 3 Taeh, Kecamatan Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Di tingkat SMA, kinerja terbaik diberikan kepada SMA Plus Pembangunan Jaya, Provinsi Banten, dan untuk pencapaian terbaik disabet oleh SMAN 5 Batanghari, Provinsi Jambi.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013