Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Ambo Tang meningatkan para pejabatnya untuk terus meningkatkan pelayanan, profesionalisme dan kompetensi dalam mewujudkan pelayanan prima.

Hal ini disampaikan Ambo Tang saat menutup Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV Angkatan 7 dan 8 di Muarasabak, ibukota Tanjung Jabung Timur, Senin.

Menurut dia, tidak selamanya jabatan yang diamanahkan kepada para pejabat itu akan selalu dipegang, bisa saja nantinya akan terjadi regenerasi jabatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki aparatur pemerintah.

"Tidak selamanya jabatan itu ada pada kita. Untuk itu tunjukkan dan tingkatkanlah kinerja serta loyalitas kita," katanya.

Kepada para peserta Diklatpim IV, Wabup menyatakan pada hakekatnya pemerintah memiliki tiga tugas pokok utama, yaitu, memberikan pelayanan kepada masyarakat, memberdayakan masyarakat agar bisa mandiri dan melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut, tentunya pemerintah harus ditopang oleh sumber daya aparatur yang cerdas, terampil dan berpengetahuan yang dapat bekerja keras dan mengutamakan solidaritas serta berprinsip pada pemenuhan kepentingan masyarakat," katanya.

Selain itu, aparatur pemerintah juga harus bisa menjembatani visi dan misi Pemkab Tanjabtim dengan apa yang menjadi kebutuhan serta harapan masyarakat.

Ia sangat yakin bahwa Kabupaten Tanjabtim membutuhkan sentuhan aparatur pemerintah dengan pemahaman yang baik akan kondisi sosial kemasyarakatan agar langkah, program dan kegiatan yang dilaksanakan mampu menjawab serta memenuhi kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan yang merata.

"Saya berharap, kegiatan Diklatpim ini bukan hanya formalitas saja dalam memenuhi persyaratan administratif jabatan, tapi juga bisa memberi kontribusi yang kontruktif bagi pembangunan daerah," ujarnya.

Selain itu, aparatur pemerintah juga dituntut dapat memberikan teladan dan menjadi pionir dalam kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku.

Ambo juga minta seluruh pejabat tak hanya pejabat eselon V dan IV, tapi para pejabat eselon II dan III untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara serta atasan.

"Oleh karena itu, jika dalam pelaksanaan tugas ada yang terbukti melanggar aturan kepegawaian, saya tidak segan-segan menjatuhkan sanksi secara maksimal sebagai bagian dari proses pendewasaan ketaatan terhadap aturan di daerah ini," tegasnya.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013