Jambi (ANTARA Jambi) - Sebesar Rp2,2 miliar APBD 2013 Kabupaten Batanghari, Jambi, dimanfaatkan untuk membayar ratusan guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak selama satu tahun.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Kabupaten Batanghari, Iskandar ketika ditanya di Jambi, Sabtu, mengatakan, anggaran tersebut diperuntukkan untuk membayar 342 guru PAUD dan 355 guru TK.

Ia menjelaskan, insentif seluruh guru PAUD di dalam wilayah Batanghari sebesar Rp840,4 juta dan insentif seluruh guru TK sebesar Rp1,4 miliar.

Pembayaran insentif itu dilakukan melalui Sekretariat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari.

Iskandar mengatakan, insentif guru PAUD dibayar Rp200 ribu/per bulan/per orang, dan untuk insentif guru TK menerima sebesar Rp350 ribu/per bulan/per orang, namun pembayaran dilakukan per triwulan.

"Mereka dibayar per triwulan, dan untuk saat ini mereka menerima gaji triwulan ketiga, yakni dari Juli-September. Untuk gaji triwulan ketiga ini kita bayar pada awal Oktober," ujarnya.

Disamping itu, guru PAUD yang mengajar di wilayah Kabupaten Batanghari belum ada yang berstatus pegawai negeri, sebab rata-rata guru PAUD ini berdasarkan permintaan masyarakat setempat.

Ke depan, pihak Dinas PdK Batanghari belum melakukan penambahan guru PAUD dan TK, karena anggarannya terbatas.

Di tempat terpisah, seorang guru TK dari Kecamatan Bajubang, Dwi Asti mengaku senang sengan insentif yang diterima, karena insentif ini dapat membantu beban anaknya sekolah dan untuk kebutuhan pribadinya.

"Alhamdulillah saya sangat senang, karena insentif yang saya terima ini dapat membantu jajan anak dan juga untuk keperluan keluarga," kata Dwi.(Ant)

Pewarta: Heriyanto Mersam

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013