Jambi (ANTARA Jambi) - Satuan Lalu Lintas Polres Batanghari, Jambi, akan melakukan tilang di tempat terhadap truk batu bara yang parkir di badang jalan di wilayah Kabupaten Batanghari.

Kasat Lantas Polres Batanghari AKP Gunawan di Batanghari, Kamis mengatakan, tindakan tilang itu perlu diambil karena banyaknya truk batu bara yang parkir di sepanjang jalan lintas di wilayah Kabupaten Batanghari menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas.

Selama ini banyak truk angkutan batu bara yang parkir di badan jalan di jalan lintas Batanghari, baik siang maupun malam hari, sehingga menganggu arus lalu lintas.

"Kalau masih ada truk batu bara yang parkir di badan jalan akan langsung kita tilang di tempat," katanya.

Menurut Kasat, kejadian lakalantas yang terjadi di wilayah Kabupaten Batanghari selama ini merupakan kelalaian sopir truk yang sering parkir di sembarang tempat.

Ia mencontohkan lakalantas yang terjadi belum lama ini yang menewaskan satu orang pengendara motor yang menabrak bagian belakang mobil truk yang sedang parkir di badan jalan.

Gunawan mengatakan, pihaknya selalu melakukan penyuluhan kepada sopir truk agar patuh dan mengikuti aturan dalam berlalu lintas.

"Kami tekankan kepada sopir truk kalau mau istrahat jangan berhenti di badan jalan, berhentilah pada tempatnya, seperti tanah lapang atau rumah makan," ujarnya.

Ketika berhenti pun memberi tanda, tapi jangan menggunakan kayu karena bisa menghalangi pengendara lainnya dalam berlalu lintas.

Ia menegaskan, pihaknya akan bertindak tegas terhadap sopir truk batu bara yang sering berhenti sembarangan di sepanjang jalan lintas Jambi-Muarabulian.

Sebelumnya, Ketua DPRD Batanghari Supriyadi ST, mengatakan, banyak sopir truk batu bara tidak beretika dalam mengemudi dengan seenaknya berhenti atau parkir di pinggir jalan.

"Seringkali sopir truk batu bara mengabaikan etika dalam menjalankan kendaraannya dan mengabaikan aturan lalu lintas yang berlaku," ujarnya.

Ia minta agar sopir memperhatikan rambu-rambu aturan berkendara untuk keselamatan sendiri dan juga keselamatan semua warga yang menggunakan jalan.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013