Beijing (ANTARA Jambi/Xinhuanet) - Raja Pop Michael Jackson telah memperoleh kembali mahkotanya oleh Forbes dalam daftar selebriti meninggal dengan penerimaan tertinggi yang dirilis Rabu.

Jackson telah menerima 160 juta dolar AS selama tahun lalu, antara Oktober 2012 sampai Oktober 2013, menurut perkiraan Forbes.

Rumahnya menghasilkan pendapatan dari pertunjukan-pertunjukan  Cirque du Soleil bertemakan Jackson, penjualan rekaman musik, katalog musik pribadi dan 50 persen bagian saham dari kerajaan publikasi Sony/ATV yang memiliki hak cipta atas lagu oleh antara lain  The Beatles, Lady Gaga, Eminem dan Taylor Swift.

Sebagian besar uangnya berasal dari dua pertunjukan Cirque.  "Immortal", acara keliling dunia yang datang ke China pada bulan Agustus, telah meraup lebih dari 300 juta dolar AS sejak dibuka pada 2011.

"One," sebuah acara yang dibuka di Mandalay Bay di Las Vegas pada Mei tahun ini, adalah "rutin terjual habis," kata majalah itu.

Jackson ditempatkan kembali di nomor satu dalam daftar sahabat baiknya Elizabeth Taylor, aktris legendaris yang meninggal pada tahun 2011, meraih diperkirakan 210 juta dolar AS pada tahun 2012, berkat serangkaian lelang Christie atas seni perhiasan dan koleksi pakaian Elizabeth.

Pendapatannya turun menjadi sekitar 25 juta dar AS tahun ini dan mendarat di tempat keempat.

King of Rock n Roll Elvis Presley berada di urutan kedua pada daftar itu, dengan produktif diperkirakan 55 juta dolar AS.

Kreator "Peanuts" Charles Schulz ketiga dengan 37 juta dolar. Artis ikonik reggae  Bob Marley dibulatkan lima besar dengan pendapatan 18 juta dolar.

Bintang Kungfu China Bruce Lee juga pada daftar dengan pendapatan sebesar tujuh juta dolar AS pada tahun 2012. Tahun ini menandai 30 tahun kematiannya, dengan beberapa kegiatan peringatan dan publikasi berdedikasi di seluruh dunia.

Albert Einstein, yang meninggal pada tahun 1955 dan merupakan satu-satunya ilmuwan yang ditampilkan di daftar, terus menghasilkan jutaan dolar untuk gambar yang terkait dengan produk "pintar".

Madonna adalah pencari nafkah papan atas pada daftar selebriti terbaru Forbes 100, dengan penghasilan 125 juta dolar AS antara Juni 2012 dan Juni 2013.

Laba Jackson selama tahun lalu membuat untuk ketiga kalinya dalam lima tahun selebriti itu paling produktif di dunia setelah dia dikuburkan.

Berikut ini nama-nama selebriti paling produktif setelah dia meninggal tahun 2013 versi Forbes:
1 . Michael Jackson US $ 160 juta
2 . Elvis Presley AS $ 55 juta
3 . Charles Schulz AS $ 37 juta
4 . Elizabeth Taylor US $ 25 juta
5 . Bob Marley US $ 18 juta
6 . Marilyn Monroe US $ 15 juta
7 . John Lennon US $ 12 juta
8 . Albert Einstein US $ 10 juta
8 . Bettie Halaman US $ 10 juta
10 . Theodor Geisel US $ 9 juta
10 . Steve McQueen US $ 9 juta
12 . Bruce Lee US $ 7 juta
12 . Jenni Rivera US $ 7 juta

(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013