Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari, Jambi dan melakukan sosialisasi pemilihan umum anggota ligeslatif ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muarabulian.

Sosialisasi bersama Relawan Demokrasi kali ini sengaja memilih Lapas agar warga binaan di Lapas Muarabulian dapat menggunakan hak suaranya.

Ketua KPU Batanghari Mohammad Zamani, Sabtu mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan agar warga binaan yang berada di Lapas dapat mengetahui pelaksanaan pemilu legislatif pada 9 April 2014 dan memahami jumlah partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2014.

"Diharapkan warga binaan ini nantinya dapat mengunakan hak pilihnya dengan benar, sehingga suara yang diberikan tidak terbuang percuma dikarenakan salah dalam melakukan pencoblosan," katanya.

Sosialisasi Pemilu ini diikuti oleh seluruh warga binaan yang ada di Lapas Klas IIB Muara Bulian.

Meski pada saat pelaksanaan pemilu legislatif 9 April 2014 mereka ada yang bebas dan tidak lagi tinggal di Lapas, mereka tetap dianjurkan untuk menggunakan hak suaranya di tempat tinggal masing-masing," kata Zamani.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Peningkatan SDM KPU Batanghari A. Kadir mengatakan, materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut mengenai tata cara mencoblos dan atauran-aturan terkait Pemilu 2014.

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para warga binaan di Lapas Muara Bulian nantinya dapat mengetahui tata cara pelaksanaan pemilu dan pada akhirnya mereka akan menggunakan hak politik dalam pesta demokrasi nanti.

"Selain itu kita juga ingin agar seluruh warga binaan dapat menggunakan hak pilihnya sehingga angka golput dapat ditekan," katanya. KPU juga mengimbau, agar seluruh petugas Lapas untuk bersikap netral dalam pemilu 2014 ini.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014