Jambi (ANTARA Jambi) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Batanghari Sinwan SH melakukan pemantauan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Batanghari saat pelaksanaan Pemilu Legislatif, Rabu, 9 April 2014.

Sinwan sedikitnya memantau 20 lebih TPS di sejumlah kecamatan, yakni Kecamatan Muarabulian, Kecamatan Muaratembesi, Kecamatan Mersam dan Mecamatan Marosebo Ulu.

Di lokasi TPS, Bupati mengatakan, demi mensukseskan pelaksanakan Pemilu Legislatif 9 April 2014, salah satu cara peran aktif Pemkab Batanghari dalam mensukseskan Pemilu, yakni dengan menekan angka golput di Kabupaten Batanghari.

"Kita menekan angka golput di Batanghari dan akan kita akan memberikan 'reward' (penghargaan) kepada Kepala Desa, Lurah dan Camat yang angka golputnya terkecil," kata Sinwan.

Menurut dia, pemberian reward ini adalah salah satu untuk menekan angka golput yang dinilai saat ini cukup tinggi.

"Yang pasti itu merupakan sebuah penghargaan terhadap desa, kelurahan dan kecamatan masing masing," ujarnya.

Ia menjelaskan, di sejumlah TPS yang dikunjunginya itu tampak antusias warga cukup tinggi dalam memberikan hak suaranya. Ini sebuah agenda dalam memberi hak suara pada Pemilu Legislatif tahun 2014.

"Kenapa saya yang pertama melakukan pencoblosan, karena agenda kita panjang dan setelah ini saya akan memantau di Kecamatan Marosebo Ulu," kata Sinwan.

Sinwan berharap kepada masyarakat Batanghari, agar tidak menyia-nyiakan momentum Pemilu serta berharap kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Sinwan juga berharap pelaksanaan pemungutan suara ini bisa berjalan aman dan lancar.

"Besar harapan saya, masyarakat dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu ini. Saya juga berharap, pemilihan umum ini bisa berjalan aman, dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, dari keterangan petugas PPS di daftar nomor urut, Sinwan memegang nomor urut 1 dari 296 mata pilih. Dia juga mengatakan bahwa Sinwan datang lebih pagi dari jadwal yang ditentukan.

Plt Bupati Batanghari itu juga menyaksikan saat para petugas PPS membuka dan diambil sumpah. Terlihat warga ikut mengantri di kursi yang telah disediakan oleh petugas PPS.

Kedatangan masyarakat tersebut untuk menentukan utusan atau wakil rakyat yang akan duduk di DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPD dan DPD RI.(Ant/ADV)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014