Jambi (ANTARA Jambi) - Kualitas komoditi kulit kayu manis (cassiavera) asal Kabupaten Kerinci, Jambi, mendapat pengakuan dari Uni Eropa dan Amerika sebagai kulit kayu manis terbaik.

"Cassiavera mendapat sertifikat layak pemasaran dari Uni Eropa dan Amerika.  Sertifikat yang dikeluarkan Uni Eropa dan Amerika ini bukti bahwa kualitas kulit kayu manis kita diakui dunia," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi H Budidaya seperti dirilis Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Jumat.

Budidaya menyebutkan dengan adanya sertifikat yang dikeluarkan Uni Erupa dan Amerika ini bisa membangkitkan gairah petani untuk meningkatkan hasil produksi kulit kayu manis.

Namun kualitas kulit kayu manis ini akan lebih baik lagi jika diolah dalam bentuk yang lebih praktis dan sehat.
    
"Selama ini kan kita menjual kulit kayu manis itu dalam bentuk keringan, ke depan kita akan kembangkan bagaimana kulit kayu manis yang dihasilkan petani bisa dipasarkan dalam bentuk bubuk, itu tentunya akan meningkatan penghasilan petani," katanya.

Selain kayu manis, baru-baru ini juga salah satu komoditi perkebunan Provinsi Jambi, yaitu kopi Liberika mendapat paten dari pemerintah pusat.

Kopi yang diproduksi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan ciri khusus tebal dan besar-besar ini sudah diteliti di pusat penelitian sebagai kopi dengan rasa yang paling baik.
     
"Kopi Liberika ini sudah diluncurkan dan untuk paten tinggal menunggu indikasi geografis, sedangkan untuk pemasaran sudah dipasarkan hingga ke Malaysia, " tambah Budidaya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014