Jambi (ANTARA Jambi) -- Sebanyak 75 siswa dari 3.042 peserta UN tingkat SMA sederajat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dinyatakan tidak lulus dalam Ujian Nasional Tahun ajaran 2013-2014.

Berdasarkan presentasenya, untuk tingkat kelulusan pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu, yakni sebesar 0,25 persen atau meningkat menjadi 97,50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 97,25 persen .

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabar Amrial saat dihubungi, Selasa menjelaskan, ke-3.042 peserta UN ini meliputi 1.537 siswa SMA 834 siswa dan 671 siswa SMK,

Ke-75 siswa yang tidak kelulus ini terdiri dari 57 orang siswa SMA, Madrasah Aliyah (MA) 11 siswa , dan SMK Tujuh orang.

"Siswa yang paling banyak tidak lulus berasal dari SMA III Tungkal Ulu. Jumlahnya mencapai 39 orang," katanya.

Berdasarkan data kelulusan di seluruh sekolah, lanjut Amrial, hanya beberapa sekolah yang siswanya lulus 100 persen, di antaranya, SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3. Ketiga sekolah ini berada di Kecamatan Tungkal Ilir.

Pengumuman kelulusan UN ini sengaja disampaikan sore hari,  untuk mengantisipasi adanya aksi koovoi dan coret-coret baju seragam. "Kita tidak menginginkan adanya pawai kemenangan dari siswa. Alternatifnya, pengumuman disampaikan sore hari, katanya.

Ketika ditanya, ia mengatakan, bagi siswa yang tidak lulus dapat mengikuti program paket C yang akan dibuka pada Agustus mendatang.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014