Jambi (ANTARA Jambi) - Pelaksana Tugas Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan akan segera memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Gani terkait rusaknya jalan AMD atau jalan lingkar di Kelurahan Pasar Baru yang dibangun tahun 2012.

Ketika dikonfirmasi, Senin, Sinwan menyatakan akan berkoordinasi dengan Dinas PU agar bisa segera dilakukan perbaikan terhadap jalan yang dibangun Pemkab Batanghari dengan dana APBD tahun 2012 bernilai miliaran rupiah tersebut.

"Kita akan panggil Kadis PU untuk lakukan koordinasi dan kita minta segera melakukan perbaikan jalan tersebut," ujarnya.

Bupati juga menyatakan akan turun langsung ke lapangan bersama Dinas PU untuk mengecek jalan tersebut.

Pantauan di lapangan, terlihat banyak lubang menganga hampir di semua badan jalan, di beberapa bagian pinggir jalan sudah retak-retak bahkan runtuh. Sebagian badan jalan juga sudah miring.

Hingga saat ini tidak ada perhatian dari Dinas PU Batanghari untuk melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut. Padahal aspal jalan sudah banyak yang terkelupas dan hancur seperti kubangan kerbau.

Salah seorang warga setempat, Abidin saat melintas di jalan tersebut mengatakan, akibat kerusakan jalan ini membuat aktivitas warga merasa tak nyaman.

Jika jalan tersebut tidak segera diperbaiki maka kerusakannya akan bertambah parah. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi daerah yang terisolir.

"Para pengendaraa roda dua dan mobil, harus berhati-hati saat melintasi jalan yang rusak ini, kata Abidin.

Hal senada dikatakan Murni, sebelum jalan ini rusak aktivitas warga yang berada di jalan AMD sangat lancar, namun kini menjadi terhambat kondisi jalan rusak parah.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PU Batanghari Taufik sebelumnya menyatakan jalan tersebut sudah lama direncanakan untuk diperbaiki.

Belum diperbaikinya jalan lingkar tersebut dikarenakan ada beberapa kendala, salah satunya terkendala tanah dasar yaitu rawa. Jadi, jika tidak dikaji ulang terlebih dahulu sebelum diperbaiki, jalan akan semakin cepat rusak.

Sementara itu, kerusakan jalan tersebut bukan saja diakibatkan pascabanjir saja, tapi juga disebabkan terjadinya penurunan jalan, namun Taufik tetap berjanji akan segera memperbaikinya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014