Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Katamso, Senin, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tanggo Rajo dan agen sembako untuk mengecek perkembangan harga sembako menjelang masuknya bulan ramadhan atau puasa.

Dalam sidak tersebut Wabup didampingi Sekretaris Daerah Muklis, Asisten II Safriwan, Kepala Dinas Perindagkop Kosasih dan sejumlah SKPD terkait.

Katamso mengatakan, sidak ini merupakan intruksi Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Usman Ermulan, yang ditindak lanjuti dengan rapat-rapat bersama instansi terkait.

Saat sidak Wabup berdialog langsung dengan para pedagang mulai dari pedagang bawang, beras, gula, daging, ayam, bumbu dapur hingga pedagang sembako.

Dari sidak itu diperoleh data harga gula pasir dariRp 12.000/kg, telor ayam Rp26.000/set, harga cabe Rp40.000/Kg, harga daging Rp130.000/kg, harga ayam potong Rp27.000/kg dan ikan laut berkisar Rp28.000/kg.

"Harga pokok tiga minggu menjelang puasa masih stabil, belum ada terjadi kenaikan yang tajam, bahkan ada yang turun seperti minyak goreng eceran. Meskipun ada yang naik, namun kenaikan masih wajar," katanya.

Wabup berharap kepada pelaku usaha atau pedagang agar tidak terlalu banyak mengambil keuntungan terlalu tinggi, karena akan berpengaruh pada daya beli warga terutama masyarakat kurang mampu.

Kepala Dinas Perindagkop Tanjabar Kosasih mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan harga dan kebutuhan pokok masyarakat, baik saat bulan ramadhan maupun ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kami tidak ingin terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok yang membuat masyarakat merasa terbebani di tengah melaksanakan ibadah puasa," katanya.

Ia mengakui momen menjelang Ramadhan dan menjelang Idul Fitri cukup rawan dimanfaatkan oleh distributor dan pedagang untuk menaikkan harga untuk meraih keuntungan besar di tengah penderitaan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya harga kebutuhan pokok tidak naik dan tetap dalam kondisi normal sehingga tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014