Jambi (ANTARA Jambi) - Anggota KPU Batanghari, Jambi, M Amin Khudari mengatakan, surat suara untuk kebutuhan pemilu presiden di Batanghari masih mengalami kekurangan sebanyak 9.532 lembar.

"Logistik Pemilihan Presiden (Pilpres) telah sampai di KPU Batanghari, namun logistik berupa surat suara masih kurang," katanya ketika dihubungi, Kamis.

Ia mengatakan, kekurangan surat suara diketahui setelah KPU Batanghari menghitung total distribusi surat suara.

Logistik berupa surat suara yang sudah sampai di Batanghari sebanyak 92 boks dan satu boks untuk pemilihan ulang. Dalam satu boks terdapat 2.000 ribu lembar surat suara. Jika dijumlahkan seluruhnya berjumlah 184.000 lembar.

Untuk mengetahui kekurangan itu dilihat dari jumlah daftar pemilih tetap Pilpres di Batanghari sebanyak 189.431 jiwa ditambah surat suara selain sesuai DPT serta ditambah dua persen dari DPT atau sebanyak 3.788 lembar maka surat suara yang seharusnya disampaikan ke Batanghari sebanyak 193.219.

"Kalau dua persen dari DPT per TPS itu dijumlahkan hasilnya 193.532 lembar surat suara. Sedangkan yang datang baru 184.000 lembar. Masih kurang 9.532 lembar,” ujarnya.

Namun, tambahan dua persen ternyata dihitung per TPS, sehingga terjadi perbedaan antara jumlah dua persen dari DPT dan jumlah dua persen untuk per TPS. Sedangkan di Batanghari jumlah TPS yang ada sebanyak 642 TPS.

Selain surat suara, KPU Batanghari telah menerima logistik tinta. Jumlah tinta yang diterima sebanyak jumlah TPS dikalikan dua  botol tinta atau sama dengan 1.284 botol. "KPU Batanghari masih menunggu pengiriman logistik lain berupa blanko, bantalan dan paku," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014