Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupoaten/kota se-Provinsi Jambi untuk bersiap mengantisipasi terjadinya kemarau panjang akibat gejala alam El Nino.

"Jemput bola, turun lihat kondisi warga. Jika butuh bantuan dan jangkauan jauh, kan ada telepon genggam, segera hubungi," kata Fahrori mengingatkan puluhan tim siaga El Nino dari BPBD Muarojambi, Jumat.

Wagub mengatakan, dari prakiraan BMKG, akibat El Nino akan terjadi kemarau panjang hingga bulan Desember 2014.

Pemprov Jambi juga menginteruksikan seluruh SKPD terkait agar bersiap menghadapi Elnino.

Sementara itu, Kepala BPBD Muarojambi A Zakir mengaku kunjungan Wagub Jambi ke Muarojambi untuk memberikan motivasi supaya tim yang sudah terbentuk bergerak ke bawah.

"Kita sudah membuat posko. Dalam waktu dekat, kami juga akan turun ke kecamatan-kecamatan untuk mensosialisasikan ini (Elnino),"  katanya.

Untuk sementara ini, Zakir menyebutkan sudah ada 250 personil BPBD yang tergabung dalam tim. Mereka diambil dari BPBD, organisasi sosial seperti Pramuka, PMI, Tagana dan beberapa instansi terkait lainnya.

"Kita berharap juga instansi terkait lainnya ikut bersama-sama mengantisipasi dan menangani kondisi ini nantinya," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014