Jambi (ANTARA Jambi) - Sekretariat DPRD Kabupaten Muarojambi telah mengirim surat pemberitahuan kepada dua partai peraih suara terbanyak untuk mengajukan nama pimpinan DPRD Muarojambi sementara.

"Surat pemberitahuan sudah kita kirim ke pimpinan partai yang meraih suara perolehan suara terbanyak, yaitu Partai Demokrat dan Partai Golkar. Kita minta kepada mereka untuk mengirim kadernya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD sementara," kata Sekretaris DPRD Muarojambi Dedi Susilo, Senin.

Ia menjelaskan, di dalam surat tersebut dituliskan batas akhir partai mengirim nama calon ketua sementara, yaitu 26 Agustus, sebab pada 30 Agustus dewan terpilih sudah dilantik. "Nama yang dikirim cukup satu nama," ujarnya.

Mengenai penetapan tanggal pelantikan calon terpilih, Sekwan menyatakan menyesuaikan dengan tanggal pelantikan DPRD sebelumnya yaitu 30 Agustus.

"Kita memang samakan waktu pelantikan. Tidak mundur atau dipercepat. Sesuai dengan akhir masa jabatanya," jelasnya.

Semua persiapan untuk pelantikan juga sudah disiapkan, seperti undangan dan keperluan lainya. "Yang melantik nanti ketua Pengadilan Negeri dan yang mengambil sumpah Kepala Kemenag," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Muarojambi Syahidan Alfajri mengatakan, pimpinan sementara itu perlu ditunjuk untuk mengakomodir tugas dewan sebelum terpilihnya ketua DPRD definitif.

"Harus ada pimpinan sementara, sampai terbentuknya alat kelengkapan DPRD Muarojambi," katanya.

Dua partai tersebut diharapkan segera mengajukan kader-kader mereka sebelum pelantikan dewan terpilih periode 2014-2019. Masa bhakti sebagai pimpinan sementara itu sendiri mulai ditetapkan sejak pelantikan dewan baru hingga terbentuknya alat kelengkapan dewan hingga dan terpilihnya ketua defenitif.

"Pimpinan sementara itu, ketua dan wakil. Demokrat dan Golkar merupakan peraih kursi terbanyak, jadi dua partai inilah yang berhak mengajukan calon pimpinan dan wakil sementara," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014