Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 12 orang atlet balap sepeda binaan Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Pengprov ISSI) Jambi tengah menjalani program pemusatan latihan daerah (Pelatda) program Merpati Emas yang dicanangkan KONI Jambi untuk menghadapi PON XIX/2016 di Jawa Barat.

Kabid Binpres Pengprov ISSI Jambi Faisal Chan di Jambi Selasa, mengatakan ke-12 atlet tersebut telah menjalani pelatihan sejak dicanangkannya program Pelatda Merpati Emas menuju PON 2016 oleh Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus.

"Kalau untuk masalah kuota atlet dari KONI hanya empat atlet namun pengurus ISSI Jambi sepakat untuk menggodok sebanyak 12 atlet yang masuk ke pelatda tersebut," katanya.

Dari 12 atlet balap sepeda tersebut, dua atlet senior masih berpeluang turun di PON XIX Jawa Barat nanti mereka adalah Abdul Soleh dan Fahri Noval dan keduanya merupakan atlet yang telah memiliki prestasi tingkat nasional.

Pengurus ISSI Jambi kedepan optimis, akan bisa meloloskan atlet sepeda sebanyak-banyak untuk bisa tampil pada PON di Jawa Barat dan saat ini ada beberapa atlet yang dikirim untuk berlatih bersama di Jawa Barat guna mengikuti Kejuaraan LCC di Kota Bandung.

"Ada beberapa atlet Jambi saat ini sedang mengikuti kejurnas untuk mengumpulkan poin pada Kejurnas di Bandung nanti," kata Faisal Chan.

Melihat prestasi yang ada saat ini pada para atlet balap sepeda Jambi, peluang cabang sepeda di PON XIX Jawa Barat, optimis bisa meraih medali emas dan medali tersebut berpeluang diraih oleh Soleh.

Soleh berpeluang meraih medali emas di PON nanti karena pada Kejuaraan Asia lalu berhasil mendapatkan medali perak dan Jambi optimis Soleh bisa meraih medali emas nanti di Jawa Barat.

Sebelumnya atlet sepeda asal Jambi lainnya M Fachri Naufal Barokah hanya puas berada diposisi ke-4 Kejuaraan Nasional sepeda yang berlangsung di 30 Mei hingga 1 Juni lalu di Bandung, Jawa Barat.

Atlet Fachri sudah tampil maksimal melakukan pertandingan namun dia hanya bisa menempati posisi kempat nasional dari 38 atlet seluruh Indonesia yang turun di Kejuaraan Nasional tersebut.

Kini ke-12 atlet balap sepeda binaan Pengprov ISSI Jambi tengah melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi beberapa event nasional hingga babak prakualifikasi dan PON 2016.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014