Jambi (ANTARA Jambi) - Candi Kedaton di kawasan Candi Muarojambi di Kabupaten Muarojambi, yang kini tengah dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi ditargetkan rampung pada Desember 2014.

Pemugaran itu sudah memasuki tahap enam, diperkirakan selesai Desember 2014, kata Kepala Kelompok Kerja Pemugaran Yanto Manurung ketika dikonfirmasi di Jambi, Rabu.

Ia menjelaskan, pemugaran yang dilakukan di Candi Kedaton yakni pagar pembagi halaman satu. Dengan rincian pekerjaan, panjang pagar 494 meter, ketebalan 75 cm hingga satu meter, dan tinggi sekitar 2,40 cm dari pondasi.

Selain itu, sembilan gapiran atau gapura di sekeliling candi juga dilakukan pemugaran.

"Tahun ini kita fokus pemugaran pagar pembagi halaman dan gapura di sekeliling Candi Kedaton," katanya.

Ketinggian pagar, kata Yanto, berbeda-beda, tergantung letak struktur tanah di sekitarnya. Rekontruksinya berdasarkan bentuk pagar lurus.

"Pemugaran kita lakukan dengan metode ekpatasi. Rekontruksi bangunan didapat dari hasil diskusi," ujarnya.

Sebelum pemugaran, terlebih dahulu dilakukan pengupasan tahun 2013 lalu. Batu-batu yang dikupas tetap disimpan di berkit (pos) di kawasan candi.

Pemugaran juga direncanakan mengunakan batu lama hasil kupasan itu, namun pihaknya tetap memesan batu baru untuk pembangunan pagar dan gapura.

"Kita pesan 10 ribu batu baru. Kita usahakan di bagian luar tetap mengunakan batu lama. Batu baru diletakkan di bagian dalam saja," jelasnya.

Batu lama itu memiliki ketebalan, panjang dan lebar yang berbeda. Batu ukir asli candi itu lebih besar dari batu buatan model sekarang. Dalam pemugaran ini diperlukan 64 orang tenaga lapangan yang mengerjakannya.

"Semua tukang itu pekerja lama, sudah biasa melakukan pemugaran cagar di beberapa wilayah. Kita targetkan akhir Desember pemugaran Candi Kedaton selesai," tambahnya. (Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014