Jambi (ANTARA Jambi) - APBD Perubahan Provinsi Jambi 2013 batal disahkan, karena DPRD menunda rapat paripurna akibat anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Pantauan di ruang sidang paripurna DPRD Provinsi Jambi, Sabtu, anggota DPRD Provinsi Jambi yang hadir hanya 19 orang, sedangkan jumlah dewan keseluruhan 45 orang.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Efendi Hatta sempat menskor sidang 10 menit pertama, namun dalam jedah waktu itu tidak satupun anggota dewan yang datang.  Pimpinan Dewan Provinsi ini kembali mencabut skor dan menskor sidang untuk kedua kalinya dengan waktu 10 menit.
  
Namun 20 menit waktu yang diberikan juga tidak menambah kuorum, akhirnya Pimpinan DPRD menyatakan pengesahan APBD Perubahan ditunda.

"Berdasarkan Tatib Dewan, anggota yang hadir harus 2/3 dari jumlah. Tapi sidang yang akan kita gelar tidak kuorum. Sidang akan kita dilanjutkan  25 dan 26 Agustus," kata Efendi Hatta.

Sebelum sidang ditutup, anggota DPRD dari Partai Gerindra Syahbandar menyampaikan interupsi kepada pimpinan yang menyarankan agar pengesahaan APBD Perubahan  ini berjalan sesuai jadwal. Selain itu, pimpinan dewan segera melakukan komunikasi kepada ketua fraksi terkait banyaknya ketidakhadiran anggota dewan.

"Saya memberikan masukan ke seluruh anggota DPRD agar pengesahan ini sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Saya juga meminta pimpinan untuk berkomunikasi dengan seluruh fraksi terkait ketidakhadiran dewan. Pimpinan punya hak untuk memberikan masukan dan berkomunikasi dengan fraksi, dan kami juga berkomunikasi," tegas Syahbandar.

Menanggapi hal itu, pimpinan DPRD menyatakan akan mempertimbangkan hal itu dan minta fraksi yang hadir segera menginformasikan kepada anggota dewan lain untuk hadir pada sidang paripurna selanjutnya.

"Informasikan ke anggotanya supaya hadir pada tanggal itu, pada forum terhormat ini," katanya.

Data yang dihimpun, hanya anggota Fraksi Golkar yang hadir semua. Sementara, Fraksi PAN hanya satu perwakilan, Fraksi PKS empat perwakilan, Fraksi Hijau satu perwakilan, Fraksi PDIP dua perwakilan, Fraksi Demokrat tiga perwakilan dan Fraksi Hanura dua perwakilan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014