Jambi (ANTARA Jambi) - Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah penyelengaraan pemilihan Bintang Radio se-Asean pada tahun 2015, kata Kepala Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Jambi Suyuno Wasis di Jambi, Rabu.

Ia mengatakan, iven akbar ini pertama kali diselenggarakan di Jambi. Penunjukan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah sudah melalui beberapa penilaian dari RRI di seluruh Indonesia.

"Pemilihan bintang radio se-Asean akan digelar Oktober 2015, tapi untuk tanggalnya belum final,” kata Suyono.

Ditunjuknya RRI Jambi sebagai tuan rumah salah satunya dilihat dari suksesnya iveb Jambore Siaran Nasional (Jamsinas) tahun 2013 lalu.

"Selama ini belum pernah ada RRI tipe C seperti Jambi yang menjadi tuan rumah tingkat Asean, iven ini harus sukses," katanya.

Dalam kompetisi itu, para bintang radio yang terpilih dari masing-masing provinsi akan beradu bakat. Setelah itu, finalis dari Indonesia akan berkompetisi dengan utusan peserta dari negara-negara Asean.

Terkait pendanaan, Suyono mengatakan, penambahan anggaran untuk iven ini akan diusulkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Provinsi Jambi tahun 2015.

"Ini bukan untuk RRI, tapi untuk Jambi. Melalui kegiatan ini, kita juga bisa memperkenalkan budaya-budaya Jambi," ujarnya.

Tahun depan Jambi akan diekpose tinggi, apalagi dengan diselenggarakannya Musabaqah Qiratul Kutub (MQK) tingkat nasional.

Suyono juga mengharapkan MQK sukses sehingga menambah nilai kepercayaan kepada Jambi sebagai tuan rumah Bintang Radio se-Asean.

Bintang Radio se-Asean diperkirakan akan diikuti lebih kurang 500 peserta.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014