Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan dukungannya dan siap membantu PT Sinarmas untuk mengurus perizinan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Bungo.

Kesiapan tersebut disampaikan Gubernur di Bungo, Kamis dalam pertemuan dengan perwakilan Sinarmas bersama Bupati Bungo Sudirman Zaini terkait rencana proyek Pembangunan Listrik Mulut Tambang berkekuatan 2X200 Megawatt di Muara Bungo.

Hasan Basri Agus menyambut baik rencana pembangunan PLTU di Provinsi Jambi, karena Jambi memang masih kekurangan suplai listrik yang mengakibatkan listrik sering mati.

Ia menyatakan sebelumnya juga sudah dan masih memperjuangkan izin pembangunan PLTU Tebo, yang rencananya akan dibangun oleh investor dari Korea Selatan, namun sampai sekarang belum diberikan izin oleh PLN (pusat).

"Yang sulit itu memang di PLN, birokrasinya berbelit-belit," kata Gubernur.

Namun demikian, Gubernur tetap berharap supaya PLN menyetujui dan memberikan izin pembangunan baik PLTU Tebo maupun PLTU Muara Bungo.

"Prinsipnya, saya setuju, nanti kita proses, kita tindaklanjuti ke PLN, saya tunggu proposalnya. Mudah-mudahan PT Sinarmas diberikan izin oleh PLN," ujarnya.

Bupati Bungo Sudirman Zaini menyatakan PT Sinarmas berpotensi mendapatkan tambahan produksi dua juta ton batu bara per tahun, sementara PLTU Muara Bungo butuh 1,5 juta ton setahun.

Ia juga menyatakan siap membantu PT Sinarmas dan berharap agar PLN bisa memberikan izin pembangunan PLTU tersebut.

Perwakilan dari PT Sinarmas, Iwan menyatakan perusahaannya siap membangun PLTU Muara Bungo jika diberikan izin oleh PLN.

Untuk itu, ia berharap, pemerintah daerah, khususnya Gubernur Jambi dan Bupati Bungo bisa membantu untuk mengurus izin pembangunan PLTU tersebut ke PLN.

Sebelumnya, Iwan menjelaskan profil perusahaan dan rencana kerja proyek pembangunan PLTU 2X200 MW yang berlokasi di Jujuhan tersebut.

PT Sinar Mas menyanggupi suplai batu bara untuk kurun waktu 30 tahun ke depan untuk PLTU akan dibangun tersebut.

"Kami bisa membangun PLTU tersebut dan sudah berpengalaman membangun PLTU 2x150 MW di Provinsi Sumatera Selatan," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014