Jambi (ANTARA Jambi) - Ribuan peserta, Minggu, meramaikan lomba marathon 10 kilometer (10K) untuk memperingati hari jadi ke-49 Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan HUT RI ke-69, yang digelar Pemkab setempat.

Pelepasan peserta dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Ir Riskan yang sekaligus membacakan sambutan Bupati Usman Ermulan.

Lomba tersebut mengambil rute keliling kota Kuala Tungkal, dengan start di halaman Makodim 0419 Tanjung Jabung antara melintasi Jalan Beringin Ujung, Perumabahan BTN Permata Hijau, Jalan Siswa Ujung hingga Jalan Beringin Komplek B dan finish di depan halaman Makodim.

Dalam sabutannya Riskan menyampaikan harapannya agar kegiatan itu dapat menjadi sarana menjaring bibit-bibit atlet, khususnya cabang olahraga lari 10 kilometer.

Disamping untuk meramaikan HUT Kabupaten Tanjabar dan HUT RI, yang terpenting juga mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Ia juga mengingatkan induk cabang olahraga atletik, yakni PASI Kabupaten Tanjabar untuk berupaya melakukan langkah memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga atletik di daerahnya.

"Lakukan pembinaan secara intensif dan berkelanjutan kepada atlet atletik yang berpotensi sehingga akan melahirkan atlet berbakat, serta kita menjadi semakin konsisten dalam menyelenggarakan berbagai iven lomba atletik," ujarnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menjaring bibit-bibit pelari marathon, sehingga mampu berkompetisi dan berprestasi di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Panitia lomba Afridayanti selaku Kasi Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Porabudpar Kabupaten Tanjabar mengatakan, lari 10K yang dilombakan terdiri dari dua kategori, yakni umum putra dan putri.

Kedua kategori tersebut diambil juara 1 sampai dengan 6. Selain mendapat tropi, pemenang akan mendapat piagam dan uang pembinaan.

Juara pertama mendapat hadiah senilai Rp1 juta, Juara 2 Rp750 ribu, juara III Rp500 ribu, Juara IV Rp400 ribu, Juara V Rp350 ribu dan Juara VI Rp300 ribu.

Tropi dan uang pembinaan langsung diserahkan oleh Riskan kepada para pemenang, sementara untuk piagam akan diberikan kemudian.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014