Jambi (ANTARA Jambi) - Pemuda-pemudi di Jambi diharapkan dapat menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik dan benar agar Provinsi Jambi tidak tertinggal dengan daerah lain.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar saat acara lomba karya tulis ilmiah dan inovasi teknologi tepat guna memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Jambi, Selasa.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta daya saing global yang tinggi memang sangat diharapkan agar pemuda dan pemudi Jambi memiliki pengetahuan yang mendalam pada bidang Iptek.

Fachrori menjelaskan sebenarnya saat ini masyarakat sudah semakin sadar akan peranan penting Iptek, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun bagi kemajuan suatu daerah.

"Masyarakat sudah sadar bahwa Iptek adalah dasar untuk mengetahui perkembangan suatu daerah," katanya.

Dengan semakin seringnya melaksanakan kegiatan lomba karya tulis ilmiah dan inovasi teknologi tepat guna ini, juga diharapkan dapat meningkatan partisipasi siswa untuk lebih berperan dalam mengembangkan Iptek di Provinsi Jambi.

"Ini sarana memotivasi anak didik kita untuk mengembangkan dan memajukan Iptek," ujarnya.

Pada kesempatan itu Wagub Jambi juga meninjau seluruh produk tepat guna para peserta lomba tersebut. Ia sangat mengapresiasi anak-anak yang menciptakan teknologi tepat guna yang dipamerkan.

Di Jambi, sudah banyak teknologi tepat guna yang diciptakan oleh pemuda Jambi, namun permasalahannya hanya terkendala dalam hal pemasaran.

"Dari segi pemasaran masih lemah, Kepala Dinas Perdagangan diharapkan bisa membantu dan memperhatikan anak-anak ini. Mereka juga harus rajin berkomunikasi dengan kita," kata Wagub.

Masyarakat Jambi hendaknya juga membeli produk ciptaan dari pelajar Jambi agar kemajuan Iptek di Jambi bisa lebih bermanfaat. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014