Jambi (ANTARA Jambi) - Jarak pandang di Kota Jambi pada, Rabu sekitar pukul 10.00 WIB hanya 50 meter akibat kabut asap yang melanda Kota Jambi dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir, sehingga mengangu beberapa jadwan penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Untuk hari ini kabut asap yang melanda Kota Jambi cukup pekat dengan jarak pandang mencapai 500 meter di siang hari," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi Kurnianingsih, Rabu.

Hasil pantuan BMKG Jambi, melalui satelit Terra dan Aqua, pada 10 September bahwa titik panas tidak ditemukan wilayah Provinsi Jambi, namun pada Selasa lalu (9/9) di Jambi ada 18 jumlah titik panas yang terdapat di enam kabupaten.

Titik panas yang ada di Jambi tersebut terdapat di Kabupaten Bungo dan Tebo ada masing-masing dua titik panas, di Kabupaten Merangin ada lima titik, Sarolangun ada enam titik dan Tanjung Jabung Barat ada tiga titik panas.

Sedangkan untuk hari ini, jumlah titik panas di Jambi tidak ada dan hanya ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Sumber data modis yang dicatat BMKG Jambi menyebutkan untuk hari ini jumlah titik panas ada 33 titik panas di wilayah Provinsi Sumatera Selatan dimana yang terbanyak pada wilayah Ogan Komering Ilir.

Kota Jambi selama beberapa hari ke depan berpotensi besar mengalami kabut asap karena tiupan angin dari utara mengarah ke Kota Jambi.

"Untuk beberapa hari ke depan Kota Jambi masih berpotensi mengalami kabut asap dan tingkat kelembaban masih normal sehingga berpotensi terjadi hujan yang bisa mengurangi kabut asap tersebut," kata Kurnia Ningsih.

BMKG Jambi juga mencatat hari ini untuk jarak pandang pada pukul 07.00 WIB tercatat sejauh 1.500 meter, kemudian pada pukul 08.00 WIB berjarak 3.000 meter, pukul 09.00 WIB sejauh 1.200 meter dan pada pukul 10.00 WIB sejauh 500 meter.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014