Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Muarojambi akan memberikan pembekalan kepada anggota Badan Pemberdayaan Desa (BPD) se-kabupaten tersebut,  kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muarojambi Ermandes Ibrahim, Sabtu.

Ia mengatakan, pembekalan dilakukan guna menunjang aparat pemerintahan desa dalam memajukan desa serta menghadapi anggaran Satu Desa Satu Miliar pada 2015.  "Nantinya BPD dapat berperan aktif membantu aparat desa dalam memajukan desanya, karena BPD adalah mitra aparatur desa," kata dia.

BPD dan aparat pemerintahan desa ke depannya akan menghadapi tantangan yang sangat berat, karena pada 2015 sesuai dengan program pemerintah pusat setiap desa akan digelontorkan dana Rp1 miliar.

"Oleh karena itu, BPD perlu diberi pembekalan agar dapat mengawasi, memberikan masukan serta menggali potensi yang ada di desanya," jelasnya.

BPD se-Kabupaten Muarojambi akan diberikan pembekalan di Daerah Istimewa Yogyakarta selama lima hingga tujuh hari.

Saat ini kata Mandes, BPMPD Muarojambi tengah mengajukan usulan kepada bupati dan DPRD Muarojambi, dirinya berharap usulan itu bisa diterima mengingat beban yang akan dihadapi para BPD dan aparat desa ke depannya semakin berat. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014