Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan akan mempertimbangkan permintaan masyarakat Desa Tanjung Harapan dan Kecamatan Sungai Bahar untuk mengembangkan dan meningkatkan jalan ruas Sipintun-Lintas Sumatera Selatan.

"Ruas jalan Sipintun-Lintas Sumsel yang melintasi Sungai Bahar itu sudah ada, bukan membuka jalan baru, tinggal mengembangkan dan meningkatkan," katanya saat berkunjung ke Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Rabu.

Gubernur menyatakan akan meminta Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi untuk melakukan survei terhadap ruas jalan tersebut, dan selanjutnya diprogramkan untuk dikembangkan.

Pengembangan jalan ruas Sipintun-Lintas Sumsel tersebut diharapkan dapat meningkatkan persebaran ekonomi serta untuk mengalihkan padatnya arus lalu lintas yang melewati jalan lintas Jambi-Sumsel saat ini.

Dalam pembangunan infrastruktur jalan, katanya, juga akan dibangun jalan angkutan batu bara dari Sipintun tembus ke Penyengat Olak.

Ia menjelaskan, selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah, dirinya sangat memfokuskan pembangunan jalan-jalan di Provinsi Jambi, yang statusnya jalan provinsi.

Jalan provinsi yang sudah dibangun di antaranya jalan ke Jangkat, jalan ke Batang Asai, jalan Bangko-Kerinci, jalan Tanah Tumbuh-Jujuhan, jalan Rantau Rasau.

Ia menjelaskan, saat dirinya menjadi gubernur hanya 31 persen kondisi jalan provinsi yang kondisinya mantap, namun sekarang sudah 75 persen.

Ketika menanggapi permintaan masyarakat agar jalan di Desa Tanjung Harapan diperbaiki, Gubernur menyatakan jalan kabupaten itu tanggung jawab bupati.

"Provinsi bisa intervensi dengan catatan status jalan dinaikkan menjadi jalan strategis provinsi atau memberikan hibah," ujarnya.

Hasan Basri Agus juga menjelaskan program pembangunan bedah rumah warga tidak mampu yang saat ini sudah mencapai 21.000 unit, dan beasiswa pendidikan bagi anak tidak mampu, pembangunan pelabuhan samudera Ujung Jabung dan bandara serta upaya replanting (peremajaan) kelapa sawit.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014