Jambi (ANTARA Jambi) - Pemkab Batanghari melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat sedang membangun jalan bebas banjir di Dusun Tanjung Pasir Desa Rambutan Masam Kecamatan Muaratembesi sepanjang 700 meter dengan menggunakan dana APBD murni tahun 2014.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Batanghari, M Taufiq Hidayat, Kamis mengatakan, selama tahun 2011 hingga saat ini Pemkab Batanghari Batanghari terus melakukan pembangunan yang bersifat positif.

"Pembangunan jalan itu untuk memenuhi permintaan masyarakat Batanghari, terutama jalan yang terkena banjir," katanya.

Ia mengatakan, ketinggian jalan sepanjang 700 meter tersebut diupayakan terbebas dari banjir. Pemkab Batanghari juga membangun dua jembatan di lokasi pembangunan jalan tersebut, dan ini akan menjadi jalan percontohan di semua wilayah di Batanghari.

"Ada sekitar enam kilometer lagi jalan yang akan segera dibangun dan dijadwalkan dianggarkan tahun depan, karena pembangunan jalan tersebut harus bertahap," ujarnya.

Pembangunan jalan bebas banjir ini dilakukan secara bertahap karena mengingat keterbatasan anggaran, dan ini merupakan pekerjaan rumah bagi instansi untuk bersama-sama membangun jalan bebas banjir.

Selain pembangunan jalan bebas banjir, Pemkab Batanghari juga melakukan penimbunan dan pengerasan jalan, terutama jalan percontohan bebas banjir di Dusun Tanjung Pasir Desa Rambutan Masam Kecamatan Muaratembesi.

Syahreddy, warga Desa Rambutan Masam mengharapkan, dengan adanya pembangunan jalan bebas banjir itu akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Dusun Tanjung Pasir.

Disamping itu, masyarakat yang berada di lokasi jalan yang rawan banjir dapat bekerja sama dengan Pemkab membangun dan menjaga kualitas jalan, sebab selama ini yang membuat jalan cepat rusak karena terkena banjir tahunan.

Dusun Tanjung Pasir di Kecamatan Muaratembesi itu merupakan kawasan langganan banjir tahunan. Rendahnya kualitas dan ketinggian jalan tersebut membuat kikisan banjir menghabisi jalan yang sedang dibangun oleh Pemkab Batanghari.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014