Jambi (ANTARA Jambi) - Harga komiditi cabai di Jambi turun drastis antara 18-21 persen, kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Filda Deviarni, Kamis.

Filda mengatakan, survei harga itu berdasarkan hasil monitoring harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat pada 15 Oktober 2014 di tiga pasar tradisional di Jambi, yakni Pasar Induk Angsoduo, pasar tradisional Simpang Pulai dan pasar tradisional Talang Banjar Kota Jambi.

Harga cabai merah keriting mengalami penurunan harga hingga 21 persen, dari harga semula Rp28 ribu/kg menjadi Rp22 ribu/kg. Cabai rawit hijau mengalami penurunan harga 18 persen, dari harga semula Rp28 ribu/kg menjadi Rp23 ribu/kg.

"Turunnya harga cabai di Pasar Angsoduo disebabkan bertambahnya pasokan. Pedagang rata-rata memasok dalam jumlah banyak dan terpaksa menurunkan harga jual," kata Filda.

Komoditi lain juga mengalami penurunan, seperti bawang putih yang mengalami penurunan harga sebesar tujuh persen, dari Rp15 ribu/kg menjadi Rp14/kg. Penurunan juga disebabkan bertambahnya pasokan.

Daging ayam broiler juga mengalami penurunan harga dari Rp23 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg atau mengalami penurunan sebesar 13 persen disebabkan bertambahnya pasokan.

Sementara bawang merah sedikit mengalami kenaikan harga dari Rp14 ribu/kg menjadi Rp15 ribu/kg atau mengalami kenaikan sebesar tujuh persen. Hal itu, kata Filda disebabkan berkurangnya pasokan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014