Jambi (ANTARA Jambi) - PT Pegadaian Persero Cabang Jambi membidik para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk menjadi nasabah.

"Cara membidik mereka menjadi nasabah dengan memberikan bantuan modal kepada melalui gadai barang di Pegadaian," kata Kepala Cabang Pegadaian Jambi, Zahram di Jambi, Selasa.

Ia menyebutkan Pegadaian akan memberikan kemudahan pencairan dana untuk pelaku UMKM yang bisa digunakan sebagai tambahan modal usaha.

Selain kemudahan modal, Pegadaian akan memberikan pemahaman tentang perlunya melakukan usaha dengan perencanaan yang baik bagi pelaku UMKM.

"Ini nantinya akan diberikan dalam bentuk seminar kewirausahaan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Sasaran dari seminar ini dikhususkan untuk pelaku UMKM yang belum pernah menggunakan jasa gadai di Pegadaian," kata Zahram.

Menurut dia, dengan adanya seminar itu pelaku UMKM akan mendapat pengetahuan tentang cara berwirausaha yang baik dan sukses, sedangkan untuk bantuan modal usaha bisa dari gadai barang melalui Pegadaian.

Kemudahan lain, bisa jadi dalam bentuk bantuan modal dengan syarat gadai yang tidak terlalu sulit atau bentuk lainnya dalam hal memberi bantuan modal usaha, sehingga dapat membantu pelaku UMKM mendapatkan modal yang cepat.

Selain itu, melalui seminar itu nantinya akan diberikan pemahaman bagaimana cara memasarkan produk hasil UMKM dengan baik dan diminati pasar.

Zarham mengungkapkan pelaku UMKM itu nantinya akan menjadi pasar baru bagi Pegadaian untuk meningkatkan pendapatan dan dimungkinkan pula untuk menggarap pangsa gadai lainnya yang belum tergarap.

Untuk itu, butuh pola yang baru untuk menyasar pangsa gadai lainnya, seperti arisan emas yang merupakan pola baru untuk mendapatkan pangsa gadai dari sektor emas. Ia menyebutkan program arisan emas cukup diminati oleh nasabah baru.

"Apapun jenis programnya, tentunya bertujuan untuk menggaet pelaku gadai yang baru guna meningkatakan nilai gadai di Pegadaian," katanya.

Zahram menambahkan selain menggarap pangsa gadai baru, bagi masyarakat yang melakukan gadai di Pegadaian dengan nominal gadai di atas Rp5 juta mendapat apresiasi dari Pegadaian. Apresiasi tersebut dalam bentuk hadiah langsung yang diberikan kepada konsumen berupa sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Baru-baru ini, Pegadaian juga memberikan hadiah logam mulia bagi nasabah yang beruntung melakukan gadai dan ada beberapa nasabah Pegadaian Jambi yang beruntung mendapatkan logam mulia berupa emas," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014