Jambi (ANTARA Jambi) - Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi di gedung dewan , Jumat (31/11) berlangsung khidmat. Pelantikan pimpinan DPRD ini dihadiri langsung Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi, anggota DPR-RI Dapil Jambi, seluruh SKPD Provinsi Jambi dan tamu undangan lainnya.

Rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Jambi dengan agenda pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD sementara Hj Sofia Jusuf.

Mereka yang dilantik sebagai pimpinan DPRD defenitif, yakni Ir. H. Cornelis Buston sebagai Ketua DPRD, H. Zoerman Manap sebagai Wakil Ketua I DPRD, Edi Purwanto, SHI, M.Si sebagai Wakil II DPRD dan Drs. AR. Syahbandar sebagai Wakil Ketua III DPRD. Pimpinan DPRD ini diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jambi H. Adam Hidayat

Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Jambi Emi Nopisah dalam sambutanya mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan empat pimpinan DPRD Provinsi Jambi ini berdasarkan surat Keputusan Mendagri No 161.15-3864 tahun 2014 tentang Pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 terhitung saat pelantikan.

Setelah pengambilan sumpah jabatan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, dilakukan penyerahan palu pimpinan DPRD Provinsi Jambi dari pimpinan sementara Hj Sofia Jusuf kepada pimpinan DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston. Pimpinan yang baru langsung menduduki kursi ketua dan melanjutkan sidang paripurna.

Setelah rapat paripurna ditutup, empat pimpinan dewan menerima ucapan selamat dari tamu yang hadir di ruang sidang, pemberian ucapan selamat berlangsung cukup lama mengingat tamu undangan yang hadir cukup banyak

Usai pelantikan, empat pimpinan DPRD ini mengelar konferensi pers di luar gedung utama. Saat konferensi pers, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston mengatakan akan segera membentuk alat kelengkapan dewan, dengan mengadakan musyawarah mufakat, dan dalam minggu ini alat kelengkapan dewan akan segera terbentuk.

Sebagai anggota dewan, mengawasi dan memantau seluruh pelayanan baik kesehatan maupun pendidikan adalah kewajiban DPRD, untuk itu pihaknya tetap memantau pelayanan publik yang ada di Provinsi Jambi. Cornelis Buston juga mengajak seluruh anggota DPRD Provinsi Jambi untuk melaksanakan amanah sebaik-baiknya.

Sementara itu,Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menekankan agar dewan menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan partai politik. Gubernur juga mengimbau DPRD Provinsi Jambi membangun hubungan kerja yang harmonis antara eksekutif dengan legislatif tanpa mengabaikan tugas pengawasan.

Selain itu, Gubernur menyatakan bahwa sinergitas legislatif dan eksekutif sangat penting dalam pembangunan dan berharap anggota DPRD Provinsi Jambi secara keseluruhan bisa menyerap dan melaksanakan aspirasi masyarakat.(Ant/ADV)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014