Jambi (ANTARA Jambi) - Aksesoris jembatan Pedestrian Gentala Arasy di Kota Jambi dianggarkan Rp12,5 miliar, aksesoris itu merupakan bangunan pelengkap seperti lampu jembatan dan penutup tiang jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi Fauzi Ansori ketika dikonfirmasi Kamis mengatakan, bangunan pelengkap jembatan itu akan dikerjakan pada tahun depan, pasalnya proyek itu ada di anggaran tahun 2015.

"Jembatan Pedestrian akan dipasangi lampu di `cable stayed` dan itu membutuhkan dana yang cukup besar, lampu yang dipasang juga spesial, lampu HED, pengadaan lampu itu baru ada di tahun 2015," kata Fauzi.

Fungsional Jembatan akan segera rampung Desember 2014, meski bangunan pelengkap baru bisa dikerjakan tahun 2015, jembatan Pedestrian sudah bisa difungsikan dan dinikmati masyarakat Jambi.

"Anggaran untuk pengadaan lampu itu Rp5,6 miliar, pengadaan itu tidak satu paket dengan pembangunan jembatan, kan ini bangunan pelengkap, kalau fisik jembatan sudah bisa difungsikan," ujarnya.

Anggaran Rp5,6 miliar itu hanya untuk lampu yang dipasang di cable stayed, sementara untuk aksesoris bangunan bawah seperti penutup tiang juga dianggarkan di tahun depan.

"Bangunan pelengkap bagian bawah juga kita anggarkan, untuk aksesoris bawah itu kita anggarkan Rp7 miliar, insyaallah awal Desember 2014 pengadaan itu sudah bisa ditenderkan," ungkapnya.

Pembangunan jembatan Pedestrian Gentala Arasy Jambi sudah 82 persen, hanya mengejar 18 persen hingga 3 Desember, dirinya optimistis pengerjaan jembatan akan selesai tepat waktu, sebab dua hari ke depan pekerja sudah memasang lantai tengah sepanjang 300 meter.

Sementara pembangunan Menara Gentala Arasy juga ditargetkan selesai Desember, pekerjaan fisik sudah selesai dan saat ini pekerja tengah mengerjakan pekerjaan interior bangunan saja, pekerjaan seni itu memang membutuhkan waktu yang lama.

Namun pekerja masih punya sisa waktu hingga 17 Desember, dia optimistis dan memperkirakan sebelum kontrak berakhir pekerjaan interior bangunan menara sudah dapat diselesaikan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014