Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi siap membelah hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) di Kerinci, kata Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, di Jambi, Kamis.

Menurut Gubernur, pemerintah akan melakukan pembanguan jalan darurat (emergency) di kawasan hutan TNKS, pembangunan akses jalan tersebut akan dilakukan dari wilayah kawasan Kecamatan Lempur Kabupaten Kerinci menuju ke Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin.

"Mengingat tingginya potensi alam yang harus dikembangkan di daerah tersebut, sekarang kita telah mengusulkan kepada Kementerian Kehutanan untuk membangun jalan di kawasan TNKS, tepatnya dari Kecamatan Lempur menuju Kecamatan Jangkat," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini rencana pembangunan jalan tersebut masih dalam tahap proses perizinan, merealisasikan niat pemerintah untuk membangun jalan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah mengkonfirmasikan kepada Dirjen di kemenhut dan DPR-RI.

"Kita sudah mengkonfirmasikan niat kita kepada Dirjen dan DPR-RI, secara prinsip mereka sangat mendukung, yang jelas untuk melakukan pembangunan di taman nasional membutuhkan proses yang panjang," katanya.

Upaya awal terhadap proses pembangunan itu, kata Gubernur, pihak Pemprov akan melakukan kegiatan olahraga dengan menjelajah taman nasional tersebut. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk "tour green" pada kawasan tersebut.

"Nanti kita juga akan melakukan kegiatan olah raga dalam bentuk penjelajahan pada kawasan tersebut, sekarang kita tengah melakukan proses persiapan konsepnya," katanya.

Rencana kegiatan penjelajahan yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi itu tidak hanya diikuti peserta dari Indonesia tetapi hingga ke tingkat dunia. Kegiatan ini nantinya akan digelar dalam bentuk perlombaan.

"Tidak hanya peserta dalam negeri yang kita undang, tetapi juga dari berbagai negara akan mengikuti perlombaan 'tour green' ini," ujarnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014