Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyembelih seekor kerbau sebagai rasa syukur atas dimulainya pembangunan pelabuhan samudera Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kerbau tersebut dipotong berbarengan dengan pemasangan tiang pancang pertama pelabuhan yang digadang-gadang sebagai jantung perkenomian Jambi dan Sumatera itu.

Perjuangan untuk pembangunan pelabuhan Ujung Jabung ini tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi butuh kesabaran dan energi yang cukup besar, kata Gubernur saat pemancangan tiang pertama pembangunan pelabuhan itu, Kamis.

"Saya sudah bernazar, jika pembangunan itu dimulai saya akan potong kerbau dan semua dagingnya saya serahkan ke masyarakat Desa Sungai Itik. Itu juga sebagai ucapan terima kasih saya atas kerja sama masyarakat dalam proses pembangunan pelabuhan ini," ujarnya.

Diharapkan perekonomian masyarakat Tanjung Jabung Timur nantinya akan jauh lebih maju, untuk itu masyarakat diharapkan sudah berpikir jauh ke depan dan bisa beradaptasi.

"Yang akan mereka hadapi adalah hadirnya orang-orang asing di wilayah mereka, ya masyarakat harus pandai membawa diri untuk bisa bersaing dalam hal perekonomian. Saya yakin Desa Sungai Itik akan jauh lebih berkembang," katanya.

Gubernur juga mengharapkan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung betul-betul menjadi pelabuhan seperti yang diharapkan, Jambi tidak akan maju tanpa ada pelabuhan samudera.

Ia juga mengungkapkan bahwa rencana pembangunan Ujung Jabung bukan sejak dirinya menjabat gubernur, tetapi keinginan itu sudah diperjuangkan oleh tiga gubernur sebelumnya. Pembangunan itu baru bisa dimulai saat ini.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur Zumi Zola Zulkifli mengatakan, Pemkab Tanjabtim mendukung penuh pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung ini. Untuk mendukung hal itu, Pemkab sudah membangun listrik dan jembatan serta akses jalan lainnya.

"Melalui APBD, Pemkab sudah membangun listrik dan jembatan, di semua kecamatan di Tanjabtim ke depan akan bisa diakses melalui darat mengunakan roda empat. Pemkab Tanjabtim juga mendukung penuh Pelabuhan Ujung Jabung untuk segera difungsikan," katanya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014