Jambi (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Timur telah mencadangkan lahan seluas 4.200 hektare untuk mendukung percepatan pembangunan pelabuhan samudera Ujung Jabung di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu.

Selain itu, Pemkab Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) juga akan membantu pembangunan jaringan listrik dan jembatan yang menghubung Nipah Panjang--Sadu, kata Bupati Tanjabtim Zumi Zola Zulkifli saat pemancangan tiang pertama pembangunan pelabuhan samudera Ujung Jabung, Kamis (20/11).

Dalam pemancangan tiang pertama pembangunan pelabuhan Ujung Jabung yang dilakukan Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Adolf R. Tambunan itu hadir pula Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan sejumlah unsur Forkompimda.

Lebih lanjut Zola menjelaskan, penyiapan lahan seluas 4.200 hektare itu telah dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 241 Tahun 2012, dan dari luas lahan tersebut 101 hektare telah dibebaskan oleh Pemprov Jambi.

Ia menambahkan, melalui APBD Kabupaten Tanjabtim tahun 2014, pihaknya juga telah membangun jaringan listrik SUTM dan SUTR menuju area pelabuhan yang saat ini dalam tahap pengerjaan.

"Saat ini Pemkab Tanjatim juga tengah mengerjakan pembangunan jembatan bentang panjang yang menghubungkan Kecamatan Nipah Panjang dengan Kecamatan Sadu, yang merupakan satu kesatuan akses transportasi darat pada APBD 2015--2016 untuk memberikan kemudahan dalam bidang investasi," katanya.

Dukungan penuh Pemkab Tanjabtim bagi pelaksanaan pembangunan pelabuhan laut Ujung Jabung merupakan impian yang sudah lama diidamkan, karena akan sangat mendukung percepatan dan pembangunan ekonomi, tidak hanya di Tanjabtim tapi juga Provinsi Jambi.

Diharapkan, pelabuhan yang akan menjadi pintu masuk dan keluar sejumlah komoditi andalan Jambi ini segera dapat diselesaikan dan fungsikan, kata Zola.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014