Jambi (ANTARA Jambi) - Kapal tug boat "Moda" II milik PT Sumber Cipta Moda yang menarik kapal tongkang bermuatan 3.600 ton minyak kelapa sawit (CPO) menambrak tiang penyangga jembatan Muara Sabak, Jambi, saat dalam perjalanannya di aliran Sungai Batanghari hingga mengalami rusak berat.

Kasus kapal yang menabrak tiang penyangga jembatan Muara Sabak itu kini sedang ditangani oleh pihak polisi perairan (Polair) Polda Jambi, kata Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah, Jumat.

Peristiwa atas kapal dengan pemilik Toni Daud itu terjadi pada Kamis (17/11) pukul 20.30 WIB.

Kapal itu telah menabrak tiang penyangga jembatan Muara Sabak sehingga menyebabkan tiang `safety` sebanyak sembilan buah hancur atau rusak dan tidak terpasang lagi atau hilang dan satu tiang utama patah dan beberapa tiang lainnya rusak.

Kejadian peristiwa kapal menabrak tiang jembatan Muara Sabak di Sungai Batanghari itu tepatnya di wilayah Kelurahan Muara Sabak Ulu Kecamatan Muara Sabak Timur.

Atas kejadian itu kini Kasat Polair dan personilnya dibantu anggota Satreskrim dan personil satuan reskrim mendatangi TKP dan mendokumentasikan.

Kemudian polisi membawa nakhoda atau kapten kapal Iswanto dan kepala kamar mesin Slamet Kuswanto untuk dimintai keterangan di Mapolres dan untuk surat kapal tug boat sebelumnya telah diamankan pihak Syahbandar.

Sedangkan pengamanan kapal tug boat di sungai diserahkan kepada Satpolair Tanjabtim dan polisi akan melakukan koordinasi dengan Dinas PU Provinsi Jambi terkait kasus itu.

Atas perbuatan itu pelaku akan dikenakan sesuai pasal 302 UU Nonor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dan pasal 193 KUHP.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014