Jambi (ANTARA Jambi) - Kesbangpolinmas Kabupaten Batanghari mengadakan rapat koordinasi fasilitas pemilu dan pengembangan partisipasi politik di Batanghari.

"Kita akan mengadakan rapat terkait dengan telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi fasilitasi pemilu dan pengembangan partisipasi politik Kabupaten Batanghari," kata Kepala Seksi Penanganan Konflik Sosial pada Kesbangpolinmas Batanghari Ansori, Selasa.

Ia mengatakan, rapat tersebut juga dihadiri oleh Bupati Batanghari Sinwan SH, Ketua KPU Batanghari, Kepala Seksi Sosial Politik masing-masing kecamatan di Kabupaten Batanghari, serta perwakilan dari masing-masing partai politik.

"Rapat ini bertujuan membangun kerja sama yang sinergis antara pemeritah daerah dengan penyelenggara pemilu," ujarnya.

Ia menjelaskan, selain itu juga bertujuan mewujudkan pemilu yang berkualitas, jujur dan adil serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu sehingga menghasilkan pemerintahan yang demokratis di Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, Ketua KPU Batanghari Mohammad Zamani mengatakan, rapat koordinasi yang diadakan oleh Kesbangpolinmas Batanghari juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga dapat terwujud pemilu yang berkualitas.

"Pemilu yang merupakan tugas dari penyelenggara pemilu tidak dapat terlepas dari peran stakeholder, baik pemerintah daerah maupun pusat," katanya.

Disamping itu, berdasarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) nomor 01 tahun 2014 belum dibahas di DPR sehingga belum dapat dipastikan pemilu masih secara langsung atau tidak langsung.

"Apabila Perppu tersebut disetujui maka pada tahun 2015 akan dilaksanakan pilkada di Provinsi Jambi," katanya. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014