Jambi (ANTARA Jambi) - Sembilan sekolah di Provinsi Jambi tahun ini melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan sistem online dan sekolah yang ditunjuk mengaku siap menjadi percontohan.

Kepala Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Hazewend ketika dikonfirmasi di Jambi, Jumat, mengatakan, sembilan sekolah yang akan ujian mengunakan sistem UN online atau Computer Basic Test (CBT) itu adalah dua tingkat SMP dan tujuh tingkat SMA/SMK.

"Sekolah-sekolah yang sudah siap menerapkan ujian sistem online di Provinsi Jambi untuk tingkat SMP yakni baru SMPN 1 dan SMPN 7 Kota Jambi, sedangkan sekolah lain belum siap," kata Hazewend.

Untuk tingkat SMA di Kota Jambi ada tiga sekolah yang termasuk dalam kategori siap melaksanakan sistem tersebut, yakni SMAN 1, SMAN 2, SMKN 3 dan SMKN 4.

Sementara untuk sekolah menengah atas yang ada di kabupaten yang siap menerapkan sistem itu adalah SMAN Titian Teras Muarojambi, SMAN 1 Muarabungo dan SMAN 1 Batanghari.

Namun hingga saat ini sekolah-sekolah yang telah siap menerapkan UN secara online tersebut masih terkendala dengan kurangnya fasilitas komputer di sekolah.

"Kita baru akan menyiapkan perangkat komputernya menjelang UN untuk sekolah yang sudah siap, dan sekolah yang lain tetap ujian nasional mengunakan sitem manual," katanya.

Ia mengatakan, jumlah calon peserta UN SMP di Jambi sebanyak 49.820 siswa, peserta UN SMA sebanyak 28,194 siswa, sedangkan peserta UN SMK sebanyak 12.047 siswa.

Berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya, UN tahun 2015 tidak menjadikan syarat kelulusan siswa, untuk kelulusan siswa dikembalikan ke sekolah.

Hasil ujian nasional tahun 2015 akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk tiga pemanfaatan, yakni pemetaan mutu program dan satuan pendidikan, dasar seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, dan pembinaan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015