Jambi (ANTARA Jambi) - Seluruh naskah soal Ujian Nasional (UN) bagi siswa SMP sederajat telah didistribusikan ke semua wilayah pada kabupaten dan kota di Provinsi, Jambi.

"Sejak Jumat (1/5) naskah soal UN tingkat SMP sederajat telah didistribusikan ke seluruh wilayah di Provinsi Jambi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita, di Jambi, Sabtu.

Tahun ini jumlah peserta UN SMP sederajat se-Provinsi Jambi 4-7 Mei, sebanyak 57.008 orang.

Pendistribusian soal UN tersebut dibagi menjadi empat wilayah atau zona dan diangkut dengan mobil dari PT Pos.

Pembagian zona pendistribusian soal UN masing-masing zona satu yakni Kabupaten Sarolangun, Merangin, Sungai Penuh dan Kerinci. Zona dua yaitu Batanghari, Tebo, Bungo. Zona tiga meliputi Muaro Jambi, Tanjabtimur dan Tanjabbarat dan zona empat Kota Jambi.

Distribusi soal tidak ada kendala. Pelaksanaannya langsung ke kabupaten dan kota di Provinsi Jambi dan diinapkan di Kantor Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten dengan penjagaan dari aparat kepolisian.

Menurut Rahmad, kelulusan siswa pada UN tahun ini tidak ditentukan dari hasil UN, tetapi berdasarkan penilaian pihak sekolah. Karenanya, pihaknya berharap kepada orang tua dan siswa tidak perlu berusaha untuk mencari bocoran soal, apalagi mencari kunci jawaban.

Kepada siswa-siswi yang akan mengikuti ujian nasional tidak usah mempercayai oknum yang mengaku mempunyai kunci jawaban dan menawarkannya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah mengatakan Kapolda Jambi telah memerintahkan seluruh satuannya untuk turut menjaga gedung dinas pendidikan setempat tempat diinapkannya naskah UN tersebut.

Perintah itu disampaikan untuk mencegah kebocoran soal UN tahun ini. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015