Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi akan fokus pada kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan serta Panitia Pemungutan Suara sebagai awal dari tahapan Pilkada Desember mendatang.

Anggota KPU Provinsi Jambi Desi Arianto di Jambi, Kamis, mengatakan, selain sosialisasi dan Bimtek, KPU juga akan mengadakan Bimtek tentang pencalonan perseorangan, meski saat Pilkada nanti kecil kemungkinan muncul calon perseorangan.

"Terlepas ada tidaknya calon perseorangan, sebagai penyelenggara kita harus siap. Bimtek yang diadakan terkait verifikasi dukungan calon perseorangan itu dari masyarakat," katanya.

Selain itu, katanya Bimtek pemuktahiran data pemilih juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dan tahapan selanjutnya akan bergulir sesuai jadwal tahapan.

"Itu jadwal tahapan Pemilukada serentak di Jambi dalam waktu dekat, dan untuk anggota PPK dan PPS di semua daerah sudah dilantik," katanya menjelaskan.

Desi mengatakan, KPU Provinsi sudah siap melalui tahapan-tahapan dan pelaksanaa Pilkada serentak di Jambi Desember 2015 mendatang.

Sementara anggaran Pilkada untuk pemilihan gubernur dan bupati di Provinsi Jambi, kata Desi telah dicairkan atau anggaran tersebut sudah dihibahkan sesuai kesepakatan yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Desi mengatakan, dengan selesainya pencairan anggaran Pilkada ini, Pemilu serentak tidak akan ditunda, KPU sudah siap dengan tahapan-tahapan selanjutnya.

Pilkada Jambi Desember 2015 yakni untuk memilih gubernur Provinsi Jambi, bupati Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Batanghari dan Kota Sungaipenuh.

Sementara total anggaran pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Jambi untuk pemilihan gubernur maupun bupati dan wali kota sebesar Rp101 miliar. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015