Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan pasar murah sangat membantu meringankan beban masyarakat kecil terutama dalam bulan puasa dan menghadapi Lebaran 1436 Hijriah.

"Saya memang mengharapkan agar kegiatan ini dilaksanakan di pemukiman masyarakat kecil sehingga kegiatan ini akan langsung mengena dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Gubernur Hasan Basri saat membuka bazar murah Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Provinsi Jambi di Jambi, Senin.

Gubernur mengatakan, barang yang dijual di bazar ini tidak hanya dibeli oleh pihak tertentu saja, karena di tengah perekonomian Jambi yang belum baik seperti saat ini, selisih harga Rp20 ribu saja sangat berarti bagi masyarakat.

Gubernur mengatakan, pemerintah terus memantau dan mengamati perkembangan fluktuasi harga bahan pokok saat ini melalui operasi pasar. Pemerintah juga telah memperhitungkan ketersediaan bahan pokok dan jika terjadi kenaikan harga sedikit adalah hal yang wajar dalam mekanisme pasar.

"Sudah menjadi tugas pemerintah untuk memikirkan bagaimana menjamin kesejahteraan serta keamanan masyarakat, apalagi sebagai Kepala Daerah memiliki tanggung jawab dalam menjamin rakyatnya terutama dalam menghadapi ketersediaan bahan pokok, terutama dalam menghadapi hari besar umat beragama. Dan saya selalu berkoordinasi dengan aparat terkait untuk membahas ketersediaan bahan pangan, Insya Allah di Jambi cukup," katanya.

Dia menjelaskan, saat ini angka inflasi harga barang masih terkendali dan terjangkau dan hal ini akan terus menjadi perhatian pemerintah terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

"Agenda pemerintah adalah bagaimana terpenuhinya kesediaan pangan dan harganya terjangkau oleh masyarakat, nantinya pemerintah juga akan melakukan intervensi harga misalnya dengan membeli sapi dan kemudian dijual menjelang lebaran agar harga tidak melonjak, semua ini dilakukan agar masyarakat tidak merasa diberatkan selama bulan Ramadhan," katanya.

Selain itu, pemerintah lanjutnya, juga harus memikirkan keseimbangan harga di mana jika terjadi inflasi maka harga barang akan naik dan Nilai Tukar Petani (NTP) menjadi rendah. Untuk itu pemerintah harus memikirkan bagaimana cara agar tetap seimbang.

Saat pembukaan bazar di ALKAL Dinas PU Provinsi Jambi itu, Gubernur juga menyerahkan secara simbolis paket Sembako kepada Lansia, orang cacat dan veteran di Jambi.

Pasar murah yang digelar TP-PKK Provinsi Jambi dan Dharma Wanita ini dilaksanakan di beberapa lokasi, yakni di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Baru, Telanaipura dan Danau Teluk-Mudung Laut. Pasar murah ini digelar sesuai dengan anjuran gubernur yaitu di tempat pemukiman warga yang tidak mampu.

Pasar murah ini juga bekerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta. Selain memberikan subsidi per paket Rp50 ribu, Bazar ini juga menyediakan 750 paket gratis yang akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Selain paket sembako kegiatan ini juga menjual pangan dan ikan segar.  

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Yusniana Hasan Basri mengatakan kegiatan bazar pada dasarnya memiliki makna untuk meningkatkan kualitas dimensi keagamaan melalui berbagai aktivitas sosial yang dilaksanakan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015