Jambi (ANTARA Jambi) - Ribuan warga Kota Jambi menyaksikan pawai takbiran keliling yang pertama kali digelar Pemkot setempat dengan melibatkan puluhan unit mobil hias menyambut Idul Fitri 1436 Hijriah.

Pawai takbiran mobil yang dihias ornamen masjid itu dilepas Wali Kota Jambi Syarif Fasha di kawasan tugu "Monas" Jambi, Kamis malam, dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer melintasi sejumlah ruas jalan di ibu kota Provinsi Jambi itu.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjelaskan, pelaksanaan pawai takbiran dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan dengan mobil hias itu sebagai salah satu syiar Islam.

Sebelum konvoi kendaraan hias itu bergerak, Wali Kota Syarif Fasha bersama unsur Forkopimda menabuh beduk sebagai tanda takbiran keliling dimulai.

"Ini merupakan takbiran keliling kota dengan kendaraan hias yang pertama kali di gelar di Kota Jambi. Kegiatan ini terlaksana setelah kami memperoleh banyak masukan dari tokoh masyarakat dan pemuka agama, mengusulkan untuk dilaksanakan takbiran keliling," katanya.

Ia menjelaskan, Pemkot Jambi tidak menganggarkan dana untuk pelaksanaan takbiran kendaraan hias berkeliling kota ini.

"Ini semua terlaksana atas partisipasi berbagai pihak, kedepan mungkin akan kita masukkan anggarannya dalam APBD Kota Jambi," kata dia menambahkan.

Wali kota juga menjelaskan bahwa kegiatan itu juga merupakan syiar Islam, dan memperkuat silaturrahmi. Takbiran keliling kota ini juga bertujuan untuk menggali kembali budaya Islam sebagai upaya menuju Jambi bangkit.

Masyarakat Jambi tampak antusias menyaksikan pawai takbiran kendaraan hias dengan berdiri di ruas-ruas jalan yang dilalui konvoi tersebut.

Pawai takbiran keliling kota itu diikuti perwakilan kecamatan, remaja masjid dan kelurahan serta dinas atau instansi dilingkungan  Pemkot Jambi.

Heriyanto, seorang warga Kota Jambi menyatakan dukungannya kepada Pemkot yang telah menggelar kegiatan itu dengan meriah, dan berharap kedepan pelaksanaannya lebih baik.(Ant)

Pewarta: azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015