Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Perpustakaan Nasional, Tri Sularsih mengatakan, minat baca masyarakat Jambi tercatat masih rendah karena belum efektifnya pemanfaatan perpustakaan di daerah itu.

"Ya, minat baca disini (Jambi) memang masih rendah, jadi kami mengharapkan masyarakat memanfaatkan perpustakaan sebagai gudang ilmu, bukan gudang buku," katanya di Jambi, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Tri Sularsih, saat menjadi nara sumber roadshow Perpustakaan Nasional 2015.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan prestasi kuncinya adalah dengan membaca, itu sesuai tema yang diusung Perpustakaan Nasional yakni "Indonesia cerdas melalui pemberdayaan perpustakaan dan mewujudkan Indonesia cerdas 2019".

Dia mengungkapkan, ada beberapa tahapan untuk meningkatkan minat membaca pada anak. Yakni dari dorongan keluarga, satuan pendidikan di sekolah mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi dan dorongan dari lingkungan masyarakat.

"Jadi di lingkungan masyarakat juga harus ada perpustakaan dan diperbanyak buku-buku. Sebab minat baca orang Indonesia saat ini masih jauh tertinggal dari negara-negara ASEAN. Seperti Malaysia, Thailand dan Singapura," katanya menjelaskan.

Nara sumber lainnya yang juga artis Indonesia, Pegy Melati Sukma mengatakan, minat baca yang masih rendah dapat diatasi dengan beberapa cara. Seperti memulainya sejak usia kecil dibantu orang tua.

"Mungkin ketika mau tidur dan menyusui orang tua bisa membacakan buku untuk anaknya. Itu pengalaman saya. Sebab ketika usia 2,5 tahun minat membaca didiri saya sudah terbentuk. Minat itu terbangun jika ada campur tangan dari orang tua," kata Pegy.

Menjadikan anak lebih akrab dengan buku kata Pegy adalah cara jitu menumbuhkan minat baca sejak dini. Dan itu sudah dijalani kedua orang tuannya hingga menjadikan Pegy seorang penulis handal.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pembangunan, Mualimah mengatakan, program roadsow yang digagas Perpustakaan Nasional sangat bermanfaat. Untuk itu dia mengimbau masyarakat Jambi untuk gemar membaca di perpustakaan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015