Jambi (ANTARA Jambi) - Harga daging ayam ras (broiler)  di tingkat pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Jambi turun dari sebelumnya Rp25.000 kini menjadi Rp24.000 per kilogram.

"Turunnya  harga ayam potong hari ini  karena bertambahnya pasokan ditingkat pedagang," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Filda Deviarni di Jambi, Rabu.

Didampingi Kasi Bina Usaha dan Distribusi M Zaini, menjelaskan bahwa perkembangan harga barang kebutuhan pokok masyarakat itu dipantau di tiga pusat perbelanjaan di Jambi yakni Pasar Induk Angso Duo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

Sementara harga cabai rawit hijau di Pasar Induk Angso Duo juga mengalami kenaikan sebesar 11 persen atau dari sebelumnya Rp18.000 kini menjadi Rp20.000 per kilogram  disebabkan berkurangnya pasokan.

Sedangkan harga bawang putih turun dari sehari sebelumnya Rp22.000 kini menjadi Rp20.000 per kilogram disebabkan bertambahnya pasokan, kata Filda Deviarni menjelaskan.

Sementara di Pasar Tradisional Simpang Pulai, harga cabai merah biasa juga mengalami penurunan sebesar 11 persen dari sebelumnya Rp18.000 kini menjadi Rp16.000 per kilogram.

Filda juga menjelaskan, harga beras masih bertahan meski di sejumlah daerah sentra produksi di Provinsi Jambi mengalami gagal panen disebabkan musim kemarau melanda daerah ini sejak beberapa bulan terakhir.

Dijelaskan, harga beras kualitas pertama atau merek Anggur bertahan Rp12.500 per kilogram. Beras merek King dan Belida Rp11.000 per kilogram, sedangkan merek Sepat Siam dan Putri Palembang Rp10.500 per kilogram.

Sementara harga daging sapi murni juga masih bertahan tinggi yakni Rp120.000 per kilogram dan permintaan masyarakat terhadap komoditas pangan tersebut masih stabil, kata Filda menyebutkan. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015