Jambi  (ANTARA Jambi) - Harga daging ayam ras (broiler) mengalami penurunan Rp1.000 per kilogram atau dari Rp24.000 menjadi Rp23.000 per kilogram  karena  bertambahnya pasokan ditingkat pedagang di Kota Jambi.
 
Kasi bina usaha dan distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi M Zaini di Jambi, Senin,  menjelaskan terjadi peningkatan pasokan daging ayam dibandingkan sehari sebelumnya di Pasar Induk Angso Duo, sementara permintaan konsumen stabil.

Selain itu, kata dia, terjadi perubahan harga terhadap komoditas yang terpantau di sejumlah pasar di Kota Jambi, seperti cabai merah bisa mengalami kenaikan harga dari sebelumnya Rp14.000 kini menjadi Rp15.000 per kilogram.

"Kalau permintaan tetap stabil. Tapi kenaikan itu disebabkan berkurangnya pasokan. Dan jika pasokan untuk besok bertambah, maka harganya bisa saja sama dengan hari ini, atau mungkin turun lagi,"  kata Zaini menjelaskan.

Meski Jambi masih diselimuti kabut asap namun belum berpengaruh terhadap pasokan barang kebutuhan pokok masyarakat, termasuk sayur mayur dan beras serta buah-buahan.

Zaini juga menjelaskan, bawang merah lokal mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp18.000 kini naik menjadi Rp20.000 per kilogram atau kenaikannya mencapai 11 persen disebabkan berkurangnya pasokan.

Selain itu, ia juga menjelaskan harga beras ditingkat pedagang pengecer di Kota Jambi masih bertahan stabil, misalnya beras kualitas pertama (merek Anggur) yakni Rp12.500 per kilogram. 

Harga beras lokal kualitas dua (merek King dan Belida) juga masih bertaham yakni mencapai Rp11.000 per kilogram dikarenakan masih lancarnya pasokan dari daerah sentral di dalam maupun luar Provinsi Jambi.

Gula pasir juga bertahan yakni Rp12.000 per kilogram, minyak makan curah Rp9.000 per kilogram dan minyak kemasan (bimoli botol) Rp14.000 per kilogram. Harga daging sapi juga masih bertahan yakni Rp120.000 per kilogram.        

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015