Jambi (ANTARA Jambi) - Penjabat Gubernur Jambi Irman mengatakan anjungan Jambi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta merupakan sarana promosi potensi provinsi itu di mata daerah lain.

"Promosi dan pemasaran potensi dan komoditi unggulan daerah sangat penting terhadap kemajuan Provinsi Jambi yang muaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Irman dalam rapat koordinasi bulan promosi Jambi di Jakarta, Kamis.

Irman menekankan agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jambi dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi memaksimalkan anjungan di TMII itu untuk mempromosikan potensi dan komoditas daerah masing-masing.

Irman mengharapkan semakin banyak pihak luar yang mau datang ke anjungan promosi Provinsi Jambi dan semakin banyak pula investor yang mau berinvestasi di Jambi. Jambi sangat membutuhkan investasi untuk meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

"Jika ada pihak lain yang mau datang ke promosi Provinsi Jambi harus ada manfaat bagi mereka, artinya ada timbal balik," ujarnya.

Irman meminta seluruh SKPD terkait dalam lingkup Pemprov Jambi dan Pemkab/kota di Jambi untuk bekerja sama dan bersinergi untuk merencanakan dan mempersiapkan sebaik mungkin apa yang akan disajikan dalam promosi daerah di anjungan Jambi di TMII itu.

"Intinya bagaimana memaksimalkan anjungan Jambi di Taman Mini untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi. Persiapkan dengan baik siapa yang harus kita hadirkan, produk unggulan dan informasi pariwisata, serta kesenian apa yang disajikan dalam promosi Jambi," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jambi di Jakarta Muhammad Junaidi mengatakan, bulan promosi Jambi di anjungan Jambi TMII sudah dilakukan selama tiga tahun. Pemprov Jambi dan 11 Pemkab/kota di Jambi mengisi promosi, masing-masing satu pemerintah daerah per bulan.

Junaidi juga mengatakan, dalam tahun promosi pertama dan tahun kedua promosi hanya dilakukan di internal anjungan Jambi, namun pada tahun ketiga, kabupaten/kota akan melakukan promosi di luar anjungan Jambi. Seperti yang dilakukan oleh Pemkot Jambi di Candi Bentar, sehingga dalam promosi di luar anjungan banyak produk ekonomi kreatif terjual. (AAnt)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015