Jambi (ANTARA Jambi) - Kapolda Jambi Brigjen Pol Lutfi Lubihanto berharap pada tahun ini pemerintah pusat melalui Mabes Polri dapat memberikan tambahan armada kapal untuk Polisi Perairan (Polair) guna melakukan pengawasan terhadap perairan di wilayah Provinsi Jambi.

"Saya akan mengupayakan pada tahun ini atau kedepanya ada penambahan sarana kapal untuk Polair Polda Jambi," kata Lutfi Lubihanto, Rabu.

Untuk saat ini Polair Polda Jambi baru hanya memiliki sebanyak 12 unit kapal tipe C, yang bertugas untuk mengawasi wilayah perairan di wilayah Provinsi Jambi yang terdiri dari perairan sungai dan laut.

Jumlah tersebut, dianggap masih kurang dan terbilang hanya kapal ukuran kecil untuk mengawasi perairan.

Sementara itu Direktur Kepolisian Perairan Polda Jambi, Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto juga mengatakan mereka saat ini hanya memiliki sebanyak 12 kapal tipe c, yang dianggap kecil dan dengan jarak pengawasan yang cukup luas.

Meski demikian kata Yulius, tidak menyurutkan mereka dalam menjalankan tugas negara dalam mengawal dan menjaga NKRI khususnya diwilayah perairan. Namun ke depan dia berharap bisa mendapat bantuan kapal yang lebih besar untuk mendukung kinerja anggota dilapangan.

"Kita memang baru mempunyai 12 kapal yang kita sebar di markas-markas di beberapa wilayah di Provinsi Jambi dan semuanya adalah kapal tipe C, yang ukurannya kecil," kata Yulius Bambang.

Seharusnya, dengan wilayah perairan yang ada saat ini dengan karekteristik  berbeda memerlukan jumlah kapal ukuran besar namun tidak menghalangi anggota untuk terus bekerja melakukan pengawasan dan menjaga wilayah perairan Indonesia.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Lutfi Lubihanto mengatakan, pihaknya akan mengupayakan apa yang menjadi kendala ke Mabes Polri dan selain itu perlu juga sarana udara seperti helikopter yang harus dimiliki Polair Jambi untuk mengawal NKRI diwilayah perairan. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016