Muarasabak (ANTARA Jambi) -  Para petani di Provinsi Jambi, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengeluh minimnya persediaan pakan ikan di daerah itu.

Keluhan petani itu juga disampaikan saat dialog dengan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli ketika panen ikan nila di ditambak  milik kelompok Karya Maju Desa Simbur Naik, Tanjung Jabung Timur, Rabu.

Gubernur mengatakan pihaknya akan mencarikan solusi atas minimnya persediaan pakan ikan, dan kondisi tersebut juga dikeluhkan warga di kabupaten lain di Provinsi Jambi.

"Dalam pengelolaan tambak ikan kami terkendala dengan pakan. dimana harga pakan cukup mahal kami mengharapkan gubernur mencarikan solusinya," kata seorang petani tambak, Jakfar.

Menurutnya dengan mahalnya harga pakan, pemilik tambak tentunya cukup kewalahan.  "Bahan baku untuk pakan ikan di Tanjabtim tersedia, tapi yang kami butuhkan saat adalah mesin pembuat pakan tersebut," katanya. 

Menyikapi permintaan warga itu, Gubernur Jambi menyatakan pihaknya memberikan mesin pembuat pakan ikan. Dengan syarat pemilik harus berkomitmen. 

"Akan kami sediakan 10 unit mesin pembuat pakan ikan, ajukan proposal secepatnya, karena itu syarat untuk mendapatkannya," ujar Zola. (Ant)

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016