Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli mengatakan, anggaran pertanian untuk daerahnya dari pemerintah pusat harus terserap maksimal agar hasil produksi pertanian di provinsi itu meningkat.

"Tahun ini dari Kementerian Pertanian kita mendapatkan anggaran Rp92 miliar, sebab itu saya minta  pihak terkait agar dana tersebut diserap maksimal," kata Zola, usai Musrenbang Pertanian se-provinsi Jambi di Jambi, Kamis.

Zola berharap jangan sampai dana yang sudah didapat tidak terserap maksimal sehingga dana kembali lagi ke pusat.

"Termasuk prosedurnya tolong diperhatikan dan saya minta dukungan dari semua Kadis Pertanian di Jambi dan pihak terkait untuk memaksimalkan anggaran itu," katanya menjelaskan.

Zola mengatakan, anggaran yang tersedia adalah untuk meningkatkan hasil pertanian di Jambi agar bisa swasembada pertanian seperti cita-cita Presiden menjadikan Indonesia berkedaulatan pangan.

"Kalau kita sudah daulat pangan maka Nilai Tukar Petani (NTP) akan ikut naik, artinya kesejahteraan petani juga naik," ujarnya.

Untuk mencapai itu, Zola mengatakan tidak bisa bekerja sendiri, perlu bantuan semua pihak terkait.

"Untuk menaikan NTP salah satunya adalah meningkatkan jumlah produksi (kuantitas) dan kualitas agar dapat bersaing,"katanya.

Gubernur muda ini tidak menampik bahwa saat ini ada komoditi tertentu yang masih didatangkan dari provinsi luar, padahal Jambi bisa memenuhi itu namun belum ada komitmen saja.

Selain itu, alih fungsi lahan pangan, katanya, menjadi salah satu penyebab masyarakat mencari komoditi di luar daerah.

"Ayo sekarang kita galakkan program pertanian ini, Pemprov lima tahun ke depan di masa kepemimpinan kami, pertanian tetap menjadi program prioritas," kata Zola.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016