Muarasabak (ANTARA Jambi)- Untuk menghindari kerusakan jalan di Kabupaten Tanjabtim, akibat kelebihan tonase truk pengangkut material maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabtim memasang portal, hamir ruas jalan kecamatan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tanjabtim, Hadi Firdaus mengatakan, pemasangan portal itu dilakukan agar ada pembatasan tonase setiap kendaraan. 

Sebab, kerusakan jalan yang begitu cepat ditenggarai oleh mobil-mobil yang melebihi tonase. Pemasangan portal-portal itu agar jalan tetap terjaga.

Sehingga, pihaknya sulit melakukan penindakan bagi mobil-mobil yang bermuatan melebihi tonase. Makanya, agar tidak terjadi kerusakan jalan, dilakukan pemasangan portal.

Untuk itu, Hadi meminta kepada instansi terkait, baik itu Provinsi ataupun Kabupaten menentukan kelas-kelas jalan yang ada. 

Tujuannya, jika kelas jalan sudah ada, pihaknya dapat melakukan penindakan terhadap mobil-mobil yang melebihi tonase. Jika dibiarkan, jalan-jalan yang akan mengalami kerusakan. 

Sebab, kebiasaan masyarakat saat ini masih cendrung mengisi mobil mereka diluar kemampuan jalan. 

Sementara itu, Rudi salah satu warga Tanjabtim, mengatakan, kerusakan jalan yang ada di Tanjabtim akibat mobil-mobil yang melebihi tonase. 

Camat Kuala Jambi, Taufik Hidayat meminta portal jalan menuju Kecamatan Kualajambi kembali diaktifkan. Masalahnya, kondisi jalan menuju Kuala Jambi akan semakin rusak, akibat mobil yang masuk melebihi tonase. 

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016