Muarasabak (ANTARA Jambi) -  Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk pertama kali menerima tenaga Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) dari kalangan wanita.

Kepala Kantor Satpol PP Tanjabtim, Mustafa di Muarasabak, Rabu, mengatakan tinggi animo warga yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Satpol PP ini, namun  penerimaannya masih terbatas.

"Dari 70 orang atau peserta yang mendaftar dari hasil seleksi bahan, sebagian besar memenuhi persyaratan. Namun dalam tahapan selanjutnya, sebagian besar tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan," katanya.

Dari sebanyak 70 pendaftar,  hasil tes tertulis hanya 18 orang yang berhasil lulus seleksi. ‘’Selanjutnya kita bekerja sama dengan instansi terkait untuk melaksanakan tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan dan fisik. Tes tersebut dilaksanakan  di area perkantoran. Yang jelas kita laksanakan tahapan sesuai standar yang ada," jelasnya.

Untuk peserta ia menyebutkan dari 17 orang yang berhasil lulus seleksi, ada beberapa orang atau peserta yang Sarjana (S1). Empat orang yang S1, sedangkan yang lainnya lulusan D3 dan lulusan SMA sederajat.

Setelah nantinya dinyatakan lulus, Mustopa mengatakan, untuk posisi atau tugas yang akan dilaksanakan Satpol PP wanita ini tentunya agak berbeda dengan laki-laki.

"Untuk Satpol PP wanita ini lebih dikhususkan pada pengawaan kaum perempuan, seperti Ibu-Ibu PKK ketika melaksanakan kegiatan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sementara untuk jam dinas, tambah Mustafa, pihaknya sudah menyiapkan regu tersendiri. Dimana regu tersebut anggotanya juga wanita. Jadi pada dasarnya, keberadaan Pol PP wanita ini mempunyai tugas tersendiri.

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016